home news guestbook contact
Kamis, 23 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

KP3L Sukabangun Tanam Pohon

Pengirim : andy candra
Tanggal : 18 September 2011, 6:32 pm


Jika engkau berpikir untuk satu tahun ke depan, semailah sebiji benih. Jika engkau berpikir untuk sepuluh tahun ke depan, tanamlah sebatang pohon. pepatah Cina yang sudah ada sejak 500 tahun sebelum Masehi itu menjadi bagian dari bhakti sosial yang dilakukan Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan Laut (KP3L) Sukabangun pada hari Minggu (18/9). Mereka melakukan penanaman pohon. Menurut Kapolres Ketapang AKBP I Wayan Sugiri SH, S.IK, M.Si melalui Kepala KP3L Pelabuhan Sukabangun AKP Jumadi bahwa penanaman pohon ini sebagai wujud langsung peran aktif mereka mengatasi pemanasan global (global warming), sekaligus untuk mendukung keindahan kawasan pelabuhan.


Kapolres Ketapang AKBP I Wayan Sugiri SH, S.IK, M.Si melalui Kepala KP3L Pelabuhan Sukabangun AKP Jumadi menguraikan bahwa kondisi bumi saat ini maka sudah selayaknya semua orang untuk menyadari arti penting pohon. Pohon tak hanya berfungsi mengatasi pemanasan global, tetapi juga memberikan nuansa keindahan. Karena itu, keberadaan satu pohon sangat besar manfaatnya.
Pada kondisi isu global warming saat ini, dimana pohon dapat mengurangi efek rumah kaca. Efek rumah kaca disebabkan oleh polutan gas CO2 yang lepas ke udara dan terakumulasi di atmosfer. Pohon adalah “pelahap” CO2 yang rakus. Selain itu, pohon yang tertata dengan apik di kawasan pelabuhan Sukabangun dapat menjadi salah satu pendorong keindahan kawasan. “Apalagi,kawasan pelabuhan ini menjadi salah satu pintu masuk ke Ketapang,” kata Kapolres Ketapang AKBP I Wayan Sugiri SH, S.IK, M.Si melalui Kepala KP3L Pelabuhan Sukabangun AKP Jumadi.
Penanaman pohon yang dilakukan seluruh anggota KP3L Pelabuhan Sukabangun itu diharapkan ikut berperan , “mendinginkan” kawasan pelabuhan. Sebab, setelah lelah bekerja seharian, tentunya sangat nyaman jika berteduh dibawah pohon yang hijau dan rindang.Pepohonan yang bisa menyediakan lingkungan yang lebih sejuk, nyaman dan rileks. Kondisi ini secara psikologis akan membantu suasana kerja di lingkungan pelabuhan. Harapannya, dengan dilakukan penanaman pohon di Kawasan Pelabuhan Sukabangun Ketapang ini, Polres Ketapang, khususnya KP3L Pelabuhan Sukabangun ikut mewariskan sesuatu yang berarti bagi anak cucu di masa yang akan datang.**

(andy Candra, Humas Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007