home news guestbook contact
Kamis, 23 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Segera Dilaksanakan Manasik Haji Tahap II Pada 19-21 Juli 2011

Pengirim : Andy candra
Tanggal : 12 September 2011, 2:37 pm


Manasik haji lanjutan (tahap II) akan dilaksanakan 19-21 September 2011 di pendopo Bupati Ketapang. Rencana pelaksanaan haji tersebut terungkap dalam rapat persiapan di ruang Sekda Ketapang, Jum’at (9/9) pagi, yang dipimpin Drs H.Andi Djamiruddin M.Si. Manasik haji selama tiga hari itu sebagai lanjutan manasik haji yang dilakukan belum lama ini.

Menurut H.Andi Djamiruddin manasik haji yang dilaksanakan Pemkab Ketapang tujuannyauntuk meningkatkan pemahaman tentang pelaksanaan haji. Selain itu untuk meningkatkan silaturahmi dan kekompakan. Ini dipandang perlu, karena melaksanakanm ibadah haji tidak semata-mata mengutamakn syarat haji. Tetapi kekompakan sangat penting. sebab, para jemaah haji asal Ketapang membawa naik baik daerah dan bangsa.
“Manasik haji ini dalam rangka pelayanan masyarakat, kegiatan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji akan selalu dievaluasi sehingga ada perbaikan dari tahun-tahun sebelumnya,” kata H.Andi Djamiruddin, sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang.
Selama ini ketahui para jemaah haji kita sudah dibimbing kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) masing-masing. Dengan dilakukan manasik haji ini diharapkan semakin meningkatkan kemampuan jemaah, terutama menambah pemahaman sebagaimana disampaikan KBIH selama ini. Dalam rapat yang dihadiri Assisten II Setda Ketapang, Drs H.Gurdani Achmad juga diterangkan manasik haji tahap I (pertama) dilakukan selama empat hari. Sedangkan manasik haji lanjutan (tahap II) menjelang pemberangkatan dilakukan selama tiga hari. Menurut H Madnoor Hamid, Kabag Kesra Setda Ketapang bahwa materi manasik ini adalah lanjutan dari manasik tahap pertama, pengamanan dan lain-lain. “Manasik haji ini dilakukan Pemkab Ketapang bersama dengan kementerian Agama Kabupaten Ketapang, dan setelah itu akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan langsung dilakukan vaksinasi,” kata Drs H.Mad Noor Hamid.
Sedangkan Rustami dari Dinas Kesehatan Ketapang menandaskan bahwa vaksinasi terhadap jemaah haji akan lebih efektif dilakukan satu bulan sebelum pemberangkatan. Dijelaskannya ini penting untuk menjaga kesehatan semua calon jemaah haji Ketapang. Dengan diimunisasi Maningitis dan Influenza, serta suplemen penambah stamina, harapannya selama menjalankan ibadah haji para jemaah Ketapang akan sangat prima. Apalagi di Tanah suci perlu penyesuaian karena adanya perbedaan cuaca.
sementara itu, Abdul Aziz, Kasi Ibadah Haji Kementerian Agama Kabupaten Ketapang bahwa dari 244 calon jemaah haji Ketapang, hanya 243 yang siap berangkat. Pasalnya, satu jemaah haji Ketapang meninggal dunia setelah melunaskan ONH (Ongkos Naik haji). Karena itu tidak dapat digantikan oleh “waiting List” (daftar tunggu). “Terkait jemaah haji Ketapang tergabung dalam kloter mana, dan kapan jadwal keberangkatan masih menunggu informasi dari Kemeterian Agama Propinsi kalbar,” ucap Abdul Aziz, Kasi haji Kementerian Agama Kabupaten Ketapang.***

(Andy Candra, Humas Setda Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007