home news guestbook contact
Kamis, 23 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Hari Pertama Masuk Kerja, Sekda Sidak Sejumlah SKPD

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 5 September 2011, 5:53 pm


Pegawai yang tidak masuk kerja pada hari pertama di lingkungan Pemkab Ketapang pada awal masa kerja pasca-liburan panjang Idul Fitri menjadi sasaran empuk untuk dikenai sanksi. Karena itu, Bupati Ketapang, melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang langsung melakukan menginspeksi sejumlah kantor pelayanan di lingkungan pemerintah Kabupaten Ketapang, Senin (5/8). Inspeksi mendadak mulai dari Kantor Kelurahan Mulia Baru, Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan Kabupaten Ketapang, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ketapang, Kantor Pelayanan Terpadu, Dinas Pertambangan dan Sumber Daya Mineral, Kantor Camat Muara Pawan, dan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Muara Pawan.

Dalam inspeksi mendadak yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB tersebut, tim inspeksi mendadak juga langsung memeriksa absen pegawai yang hadir. Rata-rata karyawan sudah masuk kerja kembali, dan pelayanan sudah kembali normal. Pegawai yang tidak masuk kerja pada hari pertama pasca Idul Fitri, akan mendapatkan teguran dan pembinaan. Selain inspeksi mendadak, Sekda Ketapang Drs H. Andi Djamiruddin M.Si juga melihat langsung pelayanan pembuatan KTP, kesehatan dasar, pelayanan perizinan dan lain-lain. Bahkan, Sekda Ketapang yang dalam inspeksi mendadak tersebut didampingi Asisten I Sekda Ketapang, Drs F.Sungkalang, dan Asisten II Setda Ketapang, Drs H.Gurdani Ahmad, kepala Bagian Kepegawaian Setda Ketapang, Ibnu Syarif S.Sos, M.Si, Kepala Kantor Pol PP, Junaidi S.Sos, dan Kabag Humas Setda Ketapang, Suhaimi S.Sos, juga melakukan dialog dengan pimpinan SKPD. Kondisi pelayanan serta kondisi fisik ruang pelayanan juga ditanyakan langsung Sekretaris Daerah.
Karena pelayanan sudah berjalan bormal, maka kesempatan bertemu dengan sekda Ketapang secara langung di unit pelayanan tersebut dimanfaatkan pegawai juga untuk silaturahmi secara langsung. Tak pelak lagi, suasana Sidak pun terlihat penuh keakraban. “Ya, sidak ini sekaligus silaturahmi,” kata Asisten I Setda Ketapang, Drs F.Sungkalang.
Tak hanya dengan para PNS yang berada di lokasi pelayanan, tetapi juga dengan masyarakat yang ada pada unit pelayanan. Menurut Asisten II Sekda Ketapang, Drs H.Gurdani Ahmad bahwa pegawai yang tidak masuk pada hari pertama kerja setelah perayaan Idul Fitri akan ditegur. Teguran tersebut akan disampaikan melalui kepala SKPD masing-masing. Sebab, kepala SKPD melakukan pembinaan langsung terhadap pns di unit kerjanya masing-masing.
Tak hanya unit pelayanan SKPD yang disidak saja mendapat pemantauan. Tetapi seluruh unit SKPD, bagian kepegawaian bersama Pol PP dan inspektorat juga memeriksa absensi pegawai pada hari pertama. Hal tersebut penting dilakukan, sebab Idul Fitri ditambah libur bersama sudah cukup panjang (sekitar 10 hari). Kepala Kantor Pol PP Ketapang, Junaidi S.sos, menegaskan Pns yang mangkir kerja setelah Idul Fitri akan terpantau dari absen pada hari pertama. Sebab, selain unit kerja yang diinspeksi secara langsung, pada hari pertama masuk kerja, petugas Pol PP bersama dengan inspektorat dan bagian kepegawaian juga langsung memeriksa absensi di unit-unit SKPD pada hari tersebut. Harapannya pns mematuhi peraturan yang berlaku, dan disiplin dalam melaksanakan tugas dan kewajiban. Jika PNS izin tidak masuk kerja diimbau harus dilakukan secara tertulis, sehingga mudah dipetanggungjawabkan. “Polisi pamong praja selalu siap untuk mendukung atau memback up tegaknya aturan yang berlaku, dasar yang jelas dan dapat dipertanggngjawabkan, maka kita (Pol PP) dalam bertindak akan selalu bersikap tegas,” tambah Junaidi. ***

(Andy Candra, Humas setda Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007