home news guestbook contact
Kamis, 23 Januari 2020 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Idul Fitri, Daging Sapi dan Ayam Aman

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 25 August 2011, 4:40 pm


Jika awal puasa dan seterusnya Pemkab Ketapang mengatisipasi masih beredarnya barang kadaluarsa dan mengandung zat beracun. Maka, menjelang Perayaan Idul Fitri 1432 H, kembali Pemkab Ketapang melakukan peninjauan ke Pasar Rangga Sentap. Sasarannya adalah untuk mengecek ketersediaan, kualitas daging sapi dan ayam tetap baik. Pasalnya di tempat ini sebagian besar masyarakat Ketapang belanja.

Pengecekan-pengeckan lainnya juga dilakukan di sejumlah lokasi. Tindakan ini dilakukan untuk memastikan kualitas daging sapi dan ayam sesuai dengan harapan masyarakat. Karena itu dilibatkan juga dokter hewan dari Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Ketapang. Setelah dilakukan pengetesan ternyata kualitas daging di Pasar Rangga Sentap tetap masih baik.
Selain itu Tim yang terdiri: Suhaimi, Kabag Humas Setda Ketapang, H.Syahrani Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian Ketapang, Junaidi S.Sos Kepala Kantor Satuan Pol PP Ketapang, H.Ridwan BA Ketua MUI Ketapang, AKP Joko S, dari Polres Ketapang, staf bagian perekonomian, BP PRS, Dinas Pertanian dan Peternakan, Kodim 1203 Ketapang dan lain-lain. Mereka juga meninjau ketersediaan sembako dan dampak harga. Termasuk kenaikan harga-harga sembako dan daging juga menjadi pehatian mereka.
Ada pun harga daging pada kualitas A senilai Rp 80 ribu. Kualitas B Rp 75 ribu. Adanya kenikan harga tersebut berlaku H-2, namun setelah H + 2, maka harga daging kembali normal. Yaitu harga daging Kualitas A Rp 75 ribu, dan kualtas B Rp 70 ribu. Kebutuhan akan daging dipastikan akan aman, dimana pasokan daging itu akan dipasok dari peternakan yang ada di Kabupaten Ketapang. Memenuhi kebutuhan hewani di Kota Ketapang, tak hanya hewan yang ada di rumah potong. Namun, kebutuhan daging itu juga akan disupply sejumlah peternak yang memotong sapi menjelang Idul Fitri.
Selain daging sapi, menjelang Idul Fitri kebutuhan akan daging ayam juga mengalami peningkatan. Harga dagingnya setiap kilogram juga mengalami kenaikan. Namun dinilai dalam batas kewajaran.Kabag Perekonomian, Ir.Nurwanti MM menilai hal tersebut lebih dominan disebabkan faktor musimam menjelang Idul Fitri. Artinya kenaikan itu dinilai wajar sebagai hukum permintaan dan penawaran. “untuk kebutuhan sembako, sampai tiga bulan kedepan masih aman,” ujar Ir.Nurwanti MM.
Pada kunjungan ke Pasar Rangga Sentap, Kamis (25/8), tim juga meninjau rumah potong dan ketersediaan hewan potong. Hasilnya ketersediaan hewan potong terjamin. “Dilihat dari rumah potong kebersihannya sangat baik, informasinya rumah potong ini satu-satunya di Kalbar yang penuhi syarat dan baru ada di Ketapang,” kata Ir.Nurwanti MM, Kabag Perekonomian Setda Ketapang. *=* (Andy Candra, Bagian Humas Setda Ketapang)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007