home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sejahterakan Masyarakat, Tingkatkan Program Pertanian

Pengirim : andy Candra
Tanggal : 5 April 2011, 4:26 pm


Gambar: Bupati Ketapang bersama ibu Bupati meninaju jalan pemukiman pada Hari Senin tanggal 4 April 2011

SEJALAN dengan program Bupati dan Wakil Bupati Ketapang periode 2010-2015, maka program ketahanan pangan menjadi penekanan Drs Henrikus M.Si. Karena itu pertanian, perikanan, dan peternakan dinilai Drs Henrikus M.Si bisa mendorong upaya mensejahterakan masyarakat.
Dalam mendukung program swasembada pangan, Bupati Ketapang, Drs Henrikus M.Si mengatakan bahwa mulai tahun2011 diupayakan peningkatan pertanian.Karena itu jika ada lahan hendaknya dikelola. Bupati menyarankan dalam pengelolaan lahan tersebut dilakukan dengan menggunakan kelompok. “Bantuan untuk peningkatan program pertanian akan kita berikan melalui kelompok, sehingga mudah dikontrol,” kata Drs Henrikus M.Si ketika launching stiker penerima manfaat Raskin di Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan.
Walaupun penuh dengan kesibukan, Drs Henrikus M.Si mengaku masih juga berladang setiap hari, khususnya pada waktu sore. Selain berkebun, ia juga menanam padi. Bupati memotivasi agar terus memanfaatkan lahan tidur. Begitu juga penerima manfaat raskin, seandainya mempunyai lahan tidur hendaknya digarap. Jika digarap dengan baik, maka harapanya hasilnya bisa memenuhi kebutuhan keluarga. Pada akhirnya, penerima manfaat dari Raskin, tidak lagi bergantung pada pemerintah.
Demikian juga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Bupati Ketapang mengatakan tak hanya menjadikan program pertanian sebagai salah satu upaya. Tetapi juga pada program peternakan. Bantuan peternakan yang diberikan pemerintah daerah kepada kelompok, tidak mesti harus sapi. Tetapi bisa saja dibantu dengan ternak ayam, itik dan lain-lainnya.
Karena itu dengan membuat kelompok petani, nelayan atau peternak, Bupati mengharapkan usulan bantuan disampaikan secara resmi. “Bikin kelompok agar memudahkan bantuan untuk meningkatkan ekonomi kemasyarakatan, mari kita ciptakan petani berdasi dan nelayan berdasi,” kata Henrikus.***

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007