home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

GERMAS Harus Dilaksanakan Seluruh Lapisan Masyarakat

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 3 August 2019, 3:08 pm


Orientasi dan penggerakkan masyarakat dalam mendukung Gerakan Masyarakat Hidup sehat (Germas) dan pencegahan Stunting dilaksanakan oleh Pengajian Al Hidayah bekerjasama dengan kementerian Kesehatan RI. Kegiatan itu digelar di Hotel Asana Nevada Ketapang, Sabtu (3 Agustus 2019) pagi, dihadiri Bupati Ketapang,yang diwakili Plt Asisten II Setda Ketapang, Edi Junaidi S.Sos.

Pemerintah Kabupaten Ketapang menyambut baik kegiatan orientasi dan diharapkan dapat menanamkan perilaku sehat dalam diri seseorang. Disadari menanamkan perilaku hidup sehat membutuhkan proses yang panjang, komitmen yang kuat dan dukungan dari provider kesehatan. Bupati Ketapang yang diwakili Plt Asisten II Setda Ketapang berharap dengan diadakannya orientasi tersebut menjadi momentum membawa angin segar dan pencerahan bagi perkembangan pembangunan daerah. Begitu juga masyarakat dan pemerintah selalu selalu bergandengan tangan untuk menyatukan visi dan misi untuk menatap masa depan yang lebih baik lagi. Terutama dalam memperkokoh serta menjaga negara Kesatuan Republik Indonesia
Pentingnya masyarakat berperilaku sehat, tegas Edi Junaidi akan berdampak pada kesehatan yang terjaga, terciptanya lingkungan yang bersih dan jika dalam kondisi sehat, produktivitas masyarakat meningkat serta biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang. “GERMAS harus dilaksanakan oleh seluruh lapisan masyarakat, lintas kementerian dan lintas sektor baik pemerintah pusat dan daerah, swasta, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan serta masyarakat untuk bersama-sama berkontribusi menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat,” tegas Edi Junaidi, S.Sos, Plt.Asisten II Setda Ketapang yang mewakili Bupati Ketapang.
Pentingnya berperilaku hidup sehat, karena saat ini Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan. Karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali.
Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI secara khusus mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan melalui gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS) guna mewujudkan Indonesia sehat. Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, Mengonsumsi buah dan sayur; dan Memeriksakan kesehatan secara rutin. @

Liputan: Yogi Pratama Putra

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007