home news guestbook contact
Rabu, 20 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sekda Buka Perkemahan Penegak Dan Penggalang

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 26 July 2019, 4:36 pm


Memotivasi semangat serta gairah generasi muda khususnya anggota Gerakan Pramuka agar terus berkarya dan berinovasi, Satuan Komunitas Pramuka Peduli Ketapang menggelar Perkemahan Penegak Dan Penggalang Tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. Perkemahan yang dibuka Bupati Ketapang diwakili Sekda Ketapang, H.Farhan SE, M.Si, Jumat (26/7) siang berlangsung selama tiga hari.

Perkemahan dilaksanakan bertepatan dengan HUT ke 9 Satuan Komunitas Pramuka Peduli Ketapang. Bernadito R.C, Ketua Panitia pelaksana dalam laporannya menjelaskan bahwa perkemahan diikuti beberapa Gerakan Pramuka yang tersebar dibeberapa gugus depan di Kwartir Ranting Kwartir Ranting yang ada di Kabupaten Ketapang.
Kegiatan ini berbentuk perkemahan Jum'at, sabtu dan minggu yang diisi dengan berbagai macam kegiatan lomba dan non lomba. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah Sembilan Ratus Dua Belas (912) orang. "Kami berharap semoga kegiatan ini menjadi ajang yang mampu menciptakan generasi muda yang kompetittif dan ikutserta dalam perkembangan kepramukaan khususnya di Kabupaten Ketapang, Selamat bertanding, junjung tinggi sportivitas," tegas Bernadito R.C.
Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos diwakili Sekretaris Daerah Ketapang, H.Farhan SE, M.Si menegaskan bahwae gerakan pramuka telah membaktikan diri mendidik kaum muda melalui prinsip dan metode pendidikan yang dikenal dengan kepramukaan. segenap daya upaya ditujukan dan diabdikan kearah pendidikan dan pembinaan kaum muda agar menjadi manusia berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, memiliki keterampilan dan sehat jasmani. dengan mengikuti latihan-latihan yang teratur diharapkan anggota gerakan pramuka menjadi warga negara yang berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada negara kesatuan republik indonesia.

Hal tersebut berbeda denganpendekatan yang dilakukan pada pendidikan formal. Kegiatan Pramuka sebagian besar pelaksanaannya dilakukan di alam bebas yang merupakan salah satu metode. kepramukaan penting dalam upaya membangkitkan potensi pramuka kita secara keseluruhan, baik aspek fisik, intelektual, emosional, sosial maupun spritualnya. kegiatan ini perlu terus digalakkan melalui bentuk-bentuk kegiatan perkemahan. "Diperkemahan para pembina dapat menanamkan kepada anggota tentang betapa luar biasanya alam ciptaan tuhan. namun sekaligus mengingatkan akan kekuasaan tuhan tentang alam ciptaannya dan hendaknya kita semua dapat belajar serta menggali dari alam sehingga mencegah kerusakan lingkungan," ujar Sekda Ketapang, H.Farhan SE, M.Si.
Diterangkan, melalui pendekatan inilah watak dan kepribadian anggota dibentuk dalam satuan pramuka yang merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan gerakan pramuka. Oleh karenanya satuan komunitas pramuka peduli ketapang agar selalu memperoleh dukungan dari kwartir gerakan pramuka, masyarakat dan orang tua anggota. disamping itu gerakan pramuka diharapkan perannya sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa sebagai salahsatu bentuk pengamalan satya dan dharma pramuka.
"Saya mengajak segenap gerakan pramuka untuk mendukung kegiatan perkemahan yang dilaksanakan oleh satuan komunitas pramuka peduli ketapang", ucapnya.
Sekda Ketapang mengharapkan para pengurus gerakan pramuka untuk terus mengupayakan pemberian dukungan, baik moril, materiil, dan finansial.bersama-sama dengan ketua gerakan pramuka meningkatkan keterampilan anggota secara terus menerus. Disamping itu pembina gudep perlu untuk terus mencari bentuk kegiatan yang menarik bagi anggota dan upayakan kegiatan yang disajikan tidak ketinggalan dan selalu mengikuti perkembangan zaman. "Saya menghimbau agar giat berlatih dan bekerja dibidangnya masing-masing. perkaya pengetahuan, keterampilan dan pengalaman agar selalu siap sehingga dapat membagi pengetahuan dan keterampilan kepada segenap anggotanya," kata Sekda Ketapang.@

Tim Humpro di Pendopo: protokol, Yogi Pratama Putra dan Darnain

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007