home news guestbook contact
Rabu, 20 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pencanangan TNI KB KES Terpadu Tahun 2019 Dilaksanakan di Desa Sungai Besar

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 23 July 2019, 4:25 pm


Bupati Ketapang, yang diwakili Plt Asisten II Setda Ketapang, Edi Junaidi melakukan pencanangan TNI KB KES Terpadu Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Sungai Besar Kecamatan Matan Hilir Selatan, Rabu (23/7) pagi.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang, Edi Junaidi yang mewakili Bupati Ketapang menyambut balk dilaksanakannya kegiatan tersebut dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komandan Kodim 1203 Ketapang atas dipercayakannya kepada Desa Sungai Besar Kecamatan Matan Hilir Selatan menjadi Tuan rumah kegiatan pencanangan TNI KAB KES Terpadu. Bupati Ketapang juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada seluruh jajaran Pengelola dan pelaksana, serta mitra kerja hingga ke tingkat lini lapangan yang menjadi garda terdepan keberhasilan program keluarga berencana. Atas kerja keras dan dukungannya tersebut, maka program Keluarga Berencana khususnya di Kabupaten Ketapang dapat berjalan dengan baik. Dimana hasil pencapaian peserta KB baru 3.462 akseptor (38,7% ), KB aktif 65.847 akseptor (72,83 %) dari pasangan usia subur (PUS) sebanyak 90.414 peserta.
“Kita berharap melalui kegiatan TNI-KB-Kes terpadu yang akan kita dilaksanakan selama 3 Bulan (Juli, Agustus, September) ke depan dapat meningkatkan pencapaian peserta KB Baru dan membinanya agar mereka menjadi peserta KB aktif yang menggunakan metode Kontrasepsi jangka panjang (MKIP,” tegas Edi Junaidi di Desa Sungai Besar.
Selanjutnya, ia memaparkan jumlah penduduk yang besar tidak selalu menjadi Kekuatan pembangunan apabila tidak disertai dengan kualitas sumber daya manusia yang memadai. Jumlah penduduk yang besar akan bermanfaat jika kualitasnya tinggi. Sebaliknya jika kualitasnya rendah maka penduduk yang besar hanya akan menjadi beban Pembangunan.
Dengan demikian situasi dan kondisi kependudukan tersebut jelas merupakan suatu fenomena yang memerlukan perhatian dan penanganan secara seksama dan berkelanjutan. Salah satu upaya yang telah dan perlu terus dilakukan oleh pemerintah adalah dengan pengendalian jumlah penduduk melalui program keluarga Berencana. Dimana program ini berupaya mengatur kelahiran anak, jarak dan usia ideal melahirkan, mengatur kehamilan melalui promosi, perlindungan dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi untuk mewujudkan keluarga berkualitas.
Oleh karena itu, melalui program ini benar-benar kita dorong terbentuknya keluarga kecil, bahagia dan
Sejahtera. Usaha mewujudkan keluarga berkualitas tidaklah berdiri sendiri, melainkan didasari atas asumsi adanya dukungan dan kerjasama yang sinergi dengan berbagai pihak. Salah satunya dengan tentara nasional indonesia melalui kerjasama revitalisasi program Keluarga berencana nasional.
Ini merupakan wujud nyata dan kepedulian instansi TNI, Pemerintah daerah, swasta, dibantu pemuka masyarakat untuk terus mendukung upaya Pemerintah mengurangi laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan kualitas Kesejahteraan masyarakat, dalam rangka mengatasi beban yang dihadapi oleh
Masyarakat saat ini.
“Oleh karena itu pada kesempatan yang berbahagia ini pesan yangHarus kita sampaikan kepada seluruh masyarakat adalah menegaskan bahwa tujuan utama program keluarga berencana bukanlah untuk membatasi kelahiran, namun Mengatur dan merencanakan kelahiran dengan baik. Dengan demikian harapan kita Keluarga yang berkualitas dapat terwujud,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, yang diwakili Kabid Keluarga Berencana, Sudarmanto S.AP menerangkan Pelayanan Terpadu antara OPD KB dan TNI bersama Dinas Kesehatan merupakan moment yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Hasil yang diharapkan dari kegiatan layanan terpadu ini adalah meningkatnya komitmen bersama antar lintas sektoral dalam mensukseskan revitalisasi program KKBPK di wilayah binaan masing-masing; meningkatnya peran tenaga lapangan sebagai ujung tombak penggerakan program di lapangan serta meningkatkan komitmen bersama untuk berpartisipasi mendukung pelaksanaan program KKBPK.
“Semoga atas kerjasama yang telah terbina selama ini semakin harmonis ke depannya, selamat mengikuti kegiatan dan atas kehadiran serta partisipasinya diucapkan terima kasih,” ucap Sudarmanto. @

Liputan: Darnain

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007