home news guestbook contact
Rabu, 20 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Buka Seminar Pendidikan Keluarga

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 23 July 2019, 11:13 am


Otimalisasi fungsi pendidikan keluarga dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusisa menuju masyarakat Ketapang yang maju dan sejahtera, diangkat menjadi tema seminar pendidikan di Borneo Emerald Hotel Ketapang, Selasa (23/7) pagi. Seminar pendidikan yang diikuti peserta dari unsur masyarakat, akademisi, lembaga pendidikan masyarakat, organisasi pemuda dan perempuan, organisasi kemasyarakatan, Dewan Pendidikan dan mahasiswa tersebut dibuka Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si.

Menurut Jalaludin S.Pd, M.Pd, panitia pelaksana kegiatan bahwa diselenggarakannya seminar ini untuk menyampaikan pendidikan keluarga adalah bagian terpenting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang tertuang dalam misi dan misi Pemerintah kabupaten Ketapang. Selain itu diharapkan peserta memiliki pemahaman tentang fusngi pendidikan keluarga, mempraktekkan di keluarga masing-masing serta menularkan kepada yang lain. Narasumber dalam seminar pendidikan ini dihadirkan H.Farhan SE, M.Si Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, dan DR H.Wajidi Sayadi, M.Ag. “Respon masyarakat sangat positip atas penyelenggaraan seminar ini, mudah-mudahan untuk masa yang akan dating ruang penyelenggaraan lebih diperluas sehingga dapat mengakomodir lebih besar minat para peserta,” tegas Jalaludin.
Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.farhan SE, M.Si menyebutkan keluarga memegang peranan yang besar dan penting. Dari tiga faktor utama dalam konsep "tiga pusat pendidikan". Pertama, keluarga merupakan faktor pendukung utama bagi tercapainya tujuan pendidikan,. Kedua, sekolah dan Ketiga, adalah masyarakat. “Oleh karenanya sangatlah tepat apabila dikatakan pendidikan keluarga adalah dasar atau pondasi utama dari pendidikan anak selanjutnya,” tegas Bupati Ketapang, diwakili Sekda Ketapang, H.Farhan SE, M.Si.
Mantan Kepala Bappeda Ketapang ini menerangkan keluarga dapat dikatakan sebagai suatu wadah sosial yang berfungsi mengarahkan kehidupan afektif seseorang. Di dalam keluarga, seseorang pertama kali mengalami kesenangan, kesedihan, kekecewaan,dan kasih sayang. Keluarga dikatakan sebagai wadah pendidikan pertama dan utama. Pertama artinya tugas mendidik itu sudah dilakukan semenjak dalam kandungan ibu (bayi). Sedangkan Utama maksudnya pendidikan rumah tangga (keluarga) itu mewariskan budaya bangsa melalui kedua orang tua secara turun- temurun dalam satu kurun waktu kehidupan tertentu.
Melihat pentingya keluarga dalam pendidikan, maka sudah barang tentu dibutuhkan figur, peran dan keteladanan orang tua yaitu ayah dan ibu yang harus memiliki kemampuan, yaitu kepemimpinan dalam keluarga seperti menambah nilai-nilai yang bermanfaat baik pembentukan pribadi maupun sosial kemasyarakatan. Hal ini perlu diperhatikan, karena karakter seorang anak pada masa pertumbuhan bersifat panca roba, tidak stabil, kadang kala jauh meninggalkan jati diri atau bertentangan dengan nilai nilai yang ada di masyarakat.
Melihat betapa urgennya pendidikan keluarga yang akan mempengaruhi pola fikir tindakan dan kreatifitas anak dikemudian hari. Maka upaya mengoptimalkan fungsi keluarga sebagai pendidik pertama dan utama tadi harus terus diupayakan, sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil BUpati Ketapang dalam membangun daerah ini melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia. Tentunya didapati melalui pendidikan yang baik,yang berkualitas yang melahirkan generasi-generasi milenial yang mereka ini dipersiapkan secara estafet menggantikan kita saat ini untuk membangun masyarakat Ketapang yang maju dan sejahtera.
Karena itu, melalui Sekda Ketapang, disampaikan bahwa Bupati Ketapang menyambut baik upaypenyelenggaraan seminar pendidikan dalam upaya memberikan kontribusi ikut membangun masyarakat Ketapang yang maju dan sejahtera. Bupati Ketapang mengharapkan nara sumber curahkanlah kualitas ilmu kepada para peserta. Sehingga para peserta terpuaskan dan mereka dapat menerapkannya di keluarga, kelompoknya dan bahkan masyarakat. “Kepada para peserta kami ucapkan selamat mengikuti seminar ini, ikutilah dengan baik kegiatan seminar ini,” harap Bupati Ketapang yang disampaikan Sekretaris Daerah kabupaten Ketapang.@

Liputan: Yogi Pratama Putra dan Herie Priyoko

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007