home news guestbook contact
Rabu, 26 Juni 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Penilaian Lomba Desa Tingkat Kalbar di Kec.Muara Pawan

Pengirim : Andy Candra
Tanggal : 21 May 2019, 6:06 pm


Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalbar tahun 2019 telah berlangsung di Desa Tempurukan, Kecamatan Muara Pawan, Ketapang, Kalbar, Selasa (21/05/2019). Bupati Ketapang Martin Rantan, SH, M.Sos, melalui Wakil Bupati Drs.H.Suprapto. S menyampaikan apresiasinya sekaligus mendukung lomba desa tersebut.

“Saya ucapkan selamat kepada Desa Tempurukan atas pencapaiannya sebagai juara 1 (satu) Tingkat Kabupaten Ketapang tahun 2019 dan harapan saya bisa menjadi juara 1 (satu) di tingkat Provinsi Kalbar yang saat ini sedang dilaksanakan penilaiannya”, harap Bupati melalui Wabup Suprapto.
Selanjutnya dikatakan Wakil Bupati, bahwa kegiatan lomba desa ini diharapkan dapat menjadi contoh positif sekaligus memotivasi desa desa lain yang ada di Kabupaten Ketapang, untuk terus memperbaiki dan memajukan desa masing masing”, kata Suprapto.
Melalui lomba desa ini juga Wakil Bupati berharap, dapat mendorong Kepala Desa dan perangkatnya untuk lebih tertib dalam administrasi desa khususnya dalam pertanggungjawaban dana desa dan memiliki sumber pendapatan.
“Sehingga ke depan semakin banyak desa yang memiliki penataan administrasi dengan maksimal dan potensi pendapatan yang memadai. Salah satu syarat utama lomba desa adalah adanya BUM-DES (Badan Usaha Milik Desa) sebagai wadah bagi desa untuk dapat meningkatkan PAD-nya”, papar Wakil Bupati Suprapto.

Karena itu lanjut Wakil Bupati, sudah semestinya setiap desa memiliki BUM-DES bukan sekedar untuk syarat lomba desa akan tetapi untuk terus dikembangkan sehingga benar benar mampu memberikan konribusi besar bagi PAD dalam rangka menunjang terciptanya suatu desa menjadi desa mandiri.
“Pelayanan kepada masyarakat ditingat desa merupakan suatu aspek yang sangat penting, untuk itu saya minta kepada para Kepala Desa agar terus meningkatkan pelayanan khususnya pelayanan adminsitrasi desa, agar setiap masyarakat yang datang supaya dilayani dengan baik sesuai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang tahun 2016 – 2021, yaitu “Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Yang Sejahtera”, pinta Wabup Suprapto.
Aspek lain yang sangat penting, lanjut Wabup, yaitu 10 program pokok PKK, dimana dalam lomba desa ini juga menjadi hal yang pokok, karena itu diharapkan kepada PKK kecamatan agar dapat membina atau memberikan pelatihan pelatihan bagi PKK tingkat desa, sehingga PKK desa dapat berkembang dan mandiri.
“Pada kesempatan ini juga perlu saya sampaikan agar aparat desa beserta masyarakat bersama sama membangun dan meningkatkan persatuan dan kesatuan di wilayah desa masing masing. Saya minta kepada para Kepala Desa agar memberikan perhatian penuh terhadap hal hal yang dapat memecah belah persatuan di wilayah Negra Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) khususnya di Kabupaten Ketapang ini”, papar Wabup.
Wabup Suprapto juga menegaskan, agar para Kepala Desa jangan hanya memikirkan pembangunan fisik saja, tetapi juga pembangunan non fisik haruslah menjadi perhatian yaitu pembinaan mental dan spiritual yang baik dan benar sehingga masyarakat tidak mudah dipecah belah oleh pihak pihak yang tidak bertanggungjawab.***

Liputan. Darnain

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007