home news guestbook contact
Selasa, 16 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pangko Armada I TNI AL Letakkan Batu Pertama Pembangunan Mako LANAL Ketapang

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 2 April 2019, 5:08 pm


Peletakan Batu Pertama Pembangunan Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang dilakukan Panglima Komando Armada 1 (Pangko Armada 1) Laksamana Muda (Laksma) TNI Yudo Margono, S.E., M.M. (Selasa, 2 April 2019) pukul 10.30 WIB.

Selain peletakan batu pertama pembangunan Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ketapang , dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Ketapang oleh Bupati Ketapang dengan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak . Penandatangan dilakukan antara Bupati Ketapang, Martin Rantan SH, M.Sos dengan Danlantamal XII Pontianak, Laksamana Pertama TNI Gregorius Agung W.D., M.Tr (Han).
Nota kesepakatan tersebut berisikan tentang Hibah Tanah Kepada Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut Untuk Pembangunan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Ketapang di Kecamatan Kendawangan Kabupaten Ketapang Provinsi Kalimantan Barat. Ada pun pembangunan pekerjaan Mako Lanal Ketapang yang sedang dikerjakan terdiri dari pembangunan Mako Lanal Ketapang ( 444,94 M2), Pekerjaan Rumah Jaga (147,50 M2), Pekerjaan Pagar Depan ( 174,50 M), Pekerjaan Jalan Beton (470,30 M), Pekerjaan Saluran (208,80 M), Pekerjaan Gapura dan Pos Jaga (1 Unit), Pekerjaan Lapangan Apel/Taman (5.698 M2), Pekerjaan Tiang Bendera Khas TNI AL (1 Unit) dan Pekerjaan GWT 3000x3000x2000 (1 unit).
Panglima Komando Armada 1 (Pangko Armada 1) Laksamana Muda (Laksma) TNI Yudo Margono, S.E., M.M Panglima Komando Armada I Laksamana Muda (Laksma) TNI Yudo Margono SE, MM menyebut fungsi Pembangunan pangkalan laut Aangkatan laut (Lanal) Ketapang, salah satunya sebagai tugas operasional pembinaan wilayah maritime, khususnya dalam menjaga Negara kesatuan republic Indonesia.” Lanal Ketapang ini akan berada dibawah jajaran Lantamal XII Pontiana,” tegas Laksamana Muda (Laksma) TNI Yudo Margono, S.E., M.M, Panglima Komando Armada 1 (Pangko Armada 1)
TNI Angkatan Laut.
Sementara itu, Bupati Ketapang, Martin Rantan SH M.Sos menyebutkan Lanal merupakan infrastruktur yang sangat vital bagi suatu daerah vital dalam mendukung aspek pertahanan keamanan bagi suatu daerah, khususnya berkaitan dengan system keamanan wilayah perairan yang cukup luas di Kabupaten Ketapang. Selain berfungsi sebagai dukungan operasi dalam menjaga system keamanan wilayah perairan, LANAL juga memiliki peran penting dalam membina daerah wilayah pertahanan laut, serta membina potensi maritime pada suatu daerah seperti halnya di kabupaten ketapang.
Dengan peran strategis dan vital tersebut, LANAL akan sangat berarti dalam mendukung Indonesia sebagai poros maritime dunia yang telah dicanangkan oleh pemerintah RI.
“Tentunya saya pribadi selaku Bupati Ketapang dan seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang patut berbangga, bahwa daerah kita telah memperoleh kepercayaan dan perhatian dari pemerintah RI,” tegas Martin Rantan SH, M.Sos, Bupati Ketapang.
Hal ini sesuai program kerja dan kebijakan dasar pembangunan TNI menuju kekuatan pokok minimum (Minimum Essential Force). Kabupaten Ketapang menjadi salah satu daerah yang masuk kedalam rencana pembentukan LANAL tipe-C, untuk itu kita patut mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah RI, khususnya jajaran TNI-AL yang telah memberikan alokasi prioritas pembangunan lanal di Kabupaten Ketapang.@


dokumentasiL: DARNAIN dan DARUL HADI
TEKSl; Yogi Pratama Putra

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007