home news guestbook contact
Sabtu, 19 Oktober 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Sekda Ketapang Buka Pelatihan Khatib

Pengirim : andy candra
Tanggal : 31 March 2019, 11:47 am


BUPATI KETAPANG yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si membuka pelatihan khatib di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang, Minggu (31 Maret 2019).

Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan Khatib tahun 2019 yang dilaksanakan di Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang. Pelatihan khatib selama dua hari dibuka Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si.
Menurut Drs H. Gusti Indra Kesuma M.Si Ketua Panitia pelaksana Pelatihan Khatib Kabupaten Ketapang iditerangkan dilaksanakannya pelatihan khatib salah satunya disebabkan karena tidak semua orang mampu menjadi petugas khatib. Ini disebabkan karena kurangnya penguasaan terhadap keilmuan atau kecakapan dalam mencari materi khutbah. Dengan pelatihan ini diharapkan petugas khatib benar-benar memahami dan menguasai keilmuan dalam melaksanakan tugas sebagai khatib.
Ppelatihan khatib ini dimaksudkan untuk meningkatkan tali silaturahmi antara pemerintyah Kabupaten Ketapang dengan masyarakat khususnya pengurus masjid. Selain itu juga untuk menambah ilmu pengetahuan tentang bagaimana melaksanakan tugas sebagai khatib yang baik sesuai dengan aharan Al-Qur’an dan Al-Hadist. “Kepedulian Pemerintah Kabupaten Ketapang tentang pentingnya pelatihan Khatib bagi umat Islam, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antar umat beragama di Kabupaten Ketapang,” tegas Drs.H.Gusti Indra Kesuma M.Si, Kepala Bagian Kesra Setda Ketapang. Ada pun nara sumber pelatihan khatib diantaranya dari pemkab Ketapang, Kantor Kementerian Agama kabupaten Ketapang, Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Ketapang, Sekolah Tinggi Agama islam (STAI) Al –Haudl Kabupaten Ketapang. Materi pelatihan diantaranya membahas tentang tuntunan khutbah Jum’at bagi para khatib yang meliputi syariat, rukun dan sunnah khutbah.
Sementara itu, H.Farhan SE, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang yang mewakili Bupati Ketapang menegaskan pelaksanaan pelatihan khatib ini merupakan salah satu kepedulian Pemkab Ketapang dalam bidang keagamaan. Pemkab memandang kegiatan pelatihan ini sangat penting untuk diadakan. Karena selain merupakan tuntunan agama juga sudah menjadi tuntutan jamaah masjid akan khatib yang profesional dan berklualitas .
Berkaitan dengan peran dan fungsi khatib , maka bersama ini ia menyampaikan pentingnya khatib dalam menyampaikan khutbah di masjid. Khatib tidak hanya bertindak sebagai juru dakwah . Tetapi lebih dari itu, diharapkan khatib juga dapat bertindak sebagai pemersatu umat yang selalu dapat memberikan kesejukan di masyarakat. “Semoga Kabupaten Ketapang khususnya dan Kalbar pada umumnya selalu dalam keadaan damai, aman tentram dan sejahtera,” tegas Sekda Ketapang.
Dengan pelaksanaan pelatihan khatib ini pula, Sekda mengharapkan kepada para peserta untuk dapat menimgkatkan pemahaman dan menambah wawasan pengetahuan keagamaan. Khususnya memberikan pengetahuan kepada masyarakat serta membina kader-kader Islam yang mampu sebagai khatib. Ia mengajak masyarakat untuk menjaga kerukunan umat beragama yang dilandasi semangat teloransi, saling menghormati dan menghargai dalam pengamalan ajaran agama dan saling bekerjasama dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
“Kepada panitia pelaksana diucapkan terima kasih dan penghargaan atas segala upaya yang telah dilaksanakan sehingga kegiatan pelatihan ini dapat terselenggara,” tuntasnya.@.


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007