home news guestbook contact
Selasa, 16 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

SEKDA KETAPANG TUTUP BIMTEK DAN LOMBA PENULISAN KARYA ILMIAH TINGKAT SMP SE-KETAPANG

Pengirim : andy candra
Tanggal : 28 March 2019, 4:01 pm


Tahapan pelaksanaan bimbingan teknis dan lomba penulisan karya ilmiah inovasi dan rekayasa Tingkat SMPN/MTs se-Kabupaten Ketapang tahun 2019 berakhir pada Kamis (28/3). Penutupan bimbingan teknis dan lomba penulisan karya ilmiah tersebut ditutup Bupati Ketapamng yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, H.Farhan SE, M.Si, Kamis pagi di Pendopo rumah dinas Bupati Ketapang. Penutupan sekaligus menyerahkan piala kepada pemenang dihadiri Biro Kerjasama Hukum dan Masyarakat, LIPI, diwakili Ibu Dyah Rachmawati Sugianto, Manager humas area Jakarta.

Ada pun yang menjadi juara kelompak IPA diantaranya, juara pertama adalah SMP Pangudi Luhur Tanjung Kecamatan Jelai Hulu. Juara kedua adalah SMPN 03 Ketapang, dan juara ketiga adalah SMP Eka Cipta Kayong. Untuk kelompok IPS, juara pertama diraih oleh MTsn Ketapang. Juara kedua adalah SMP Pangudi Luhur St.Albertus Ketapang, dan juara ketiga adalah SMPN 1 Sungai Melayu Rayak.
Bupati Ketapang yang diwakili Sekretaris Daerah kabupaten Ketapang memberikan apresiasi diadakannya bimbingan teknis dan lomba karya ilmiah yang diberikan untuk para guru dan pelajar. Menurutnya optimalisasi penguasaan dan pengembangan Iptek perlu dibina sejak dini. Sesuai dengan kondisi dan kebutuhan local Sasaran pembinaa dan strategis dimulai dari pembinaan remaja, karena remaja merupakan salah satu kelompok terbesar dalam struktur penduduk. Remaja adalah pelaku dan pemilik masa depan, yang diharapkan mampu menjadi agen perubahan (agent Of Change). Pembinaan sejak dini perlu dilakukan guna meningkatkan minat dan kesadaran remaja akan iptek.
“Sehingga remaja terbiasa melakukan aktivitas ilmiah dan kelak dapat menguasai Iptek dan menerapkkannya untuk kemajuan bangsa, mental ilmiah harus dikembangkan dalam pola piker dan gaya hidup generasi muda,” tegas Bupati Ketapang, diwakili sekda Ketapang, H.Farhan SE, M.Si.
Sebelum Sekretaris daerah Kabupaten Ketapang menutup kegiatan tersebut, Ir.Adi Mulya, Plt Kepala Badan Penelitian dan pengembangan daerah kabupaten Ketapang, selaku ketua panitia Penyelenggara lomba karya ilmiah inovasi dan rekayasa menerangkan kegiatan bimbingan teknis dan lomba karya ilmiah ini merupakan rangkaian untuk mempersiapkan siswa siswi para pelajar tingkat SMP/MTs di Kabupaten Ketapang. Dimana materi yang diberikan adalah metode pengumpulan dan teknik pengumpulan data, penyusunan proposal, pengolahan data dan teknik penulisan karya ilmiah. Kegiatan Bimtek tersebut sudah dilaksanakan tanggal 19-20 maret 2019 kegiatan pemaparan proposal karya tulis ilmiah dilaksanakan pada tanggal 26-27 maret 2019 bertempat di ruang rapat gedung Kantor Bupati Ketapang.
Jumlah sekolah yang diundang berjumlah 20 sekolah SMP/MTs dari dua puluh (20) kecamatan yang terdiri dari dua kelompok setiap sekolah yaitu satu kelompok IPA dan satu kelompok IPS pada masing-masing sekolah sehingga berjumlah empat puluh (40) kelompok. Sekolah yang hadir ataupun memenuhi undangan berjumlah dua puluh enam (26) kelompok sekolah dari delapan kecamatan, yaitu Kecamatan Delta Pawan, Kecamatan Benua Kayong, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, kecamatan Jelai Hulu, Kecamatan Marau, Kecamatan Nanga Tayap dan Kecamatan Manis Mata. Tujuan utama dari pelaksanaan bimbingan teknis dan lomba penulisan karya ilmiah inovasi dan rekayasa ini adalah ; melatih peserta melaksanakan penelitian ilmiah yang tekait dengan lingkungan sekitar, menggali potensi putra/putri daerah dibidang iptek sebagai human investment untuk mengisi pembangunan daerah kabupaten ketapang dimasa mendatang, meningkatkan kesadaran akan pemanfaatan iptek terhadap pengelolaan dan pemecahan masalah dilingkungan sekitar.
Ia menerangkan, tujuan lanjutan dari bimbingan teknis dan lomba penulisan karya ilmiah inovasi dan rekayasa ini adalah mempersiapkan siswa dan siswi di Kabupaten Ketapang untuk ikut serta dalam kegiatan pekan remaja ilmiah (PIRN) dan dalam kesempatan ini perlu juga kami sampaikan bahwa sebagai bentuk apresiasi kami bagi para pemenang lomba tingkat kabupaten ini yaitu juara 1,2, dan 3 kelas IPA/IPS diberikan piala dan piagam penghargaan mudah-mudahan ditahun yang akan datang akan kami anggarkan adanya uang pembinaan khusus bagi juara 1 IPA/IPS dan juga akan diikutsertakan pada kegiatan pecan remaja ilmiah (PIRN) 2019 yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 juni 2019 berlokasi dikabupaten Banyuwangi diberikan gratis biaya transportasi dan akomodasi dari pemerintah Kabupaten Ketapang. @


Liputan :// Darnain dan Herie Priyoko//

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007