home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Ketapang Tancap Tiang PLN di Semapau Hulu

Pengirim : andy candra
Tanggal : 15 October 2017, 5:36 pm


SUNGAI LAUR -- Penantian diterangi listrik negara selama 72 tahun setelah NKRI Merdeka, tidak akan lama lagi dirasakan masyarakat Dusun Semapau Hulu, Desa Lanjut Mekar Sari Kecamatan Sungai Laur. Pasalnya Program Listrik desa PLN Kalbar untuk kawasan ini dilakukan penancapan tiang secara simbolis yang disaksikan oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan SH didampingi Wakil Ketua DPRD Ketapang, Junaidi SP, M.Si dan Manager PLN cabang Ketapang, Wilfrid Siregar.

Bupati Ketapang bersama rombongan yang tiba di Dusun Semapau Hulu, Desa Lanjut Mekar Sari, Kamis (13/10) disambut antusias masyarakat. Ritual adat sekaligus tarian penyambutan pun dilakukan warga setempat. Selain penyambutan rombongan Bupati Ketapang, mantan anggota DPRD Kalbar ini juga menyaksikan ritual adat sebelum penancapan tiang PLN. Setelah itu, barulah dilakukan penancapan tiang PLN menggunakan alat berat, dan diakhiri dengan penimbunan lubang galian tiang listrik oleh Bupati Ketapang.
Usai melakukan simbolis penancapan tiang perdana PLN itu, rombongan kemudian menuju gedung serba guna Desa Lanjut Mekar Sari. Ditempat ini kembali dilakukan ritual tarian adat yang diikuti Bupati Ketapang dan rombongan.
Usai tarian adat dilanjutkan dengan ramah tamah.
Kadarisman, Kades Lanjut Mekar Sari merasa bangga dengan kehadiran Bupati Ketapang di desa yang dipimpinnya. Menurutnya, sosok Bupati Ketapang cukup banyak berjasa di desa mereka. Selain menggalakkan perekonomian masyarakat melalui koperasi, Bupati Ketapang juga menempatkan guru di sekolah mereka sehingga sangat membantu mencerdaskan masyarakat. Selain itu, juga dihadirkan program listrik masuk desa melalui program PLN. Hal ini sudah cukup lama didambakan masyarakat.
Ungkapan senada juga disampaikan Tihat Efendi tokoh masyarakat yang juga mantan Ketua DAD Sungai Laur. Dimana, sudah ada upaya menggerakkan potensi ekonomi masyarakat seperti program HPH, perkebunan dan lain sebagainya. "Harapan kami supaya jalan kami bisa diperhatikan yaitu di aspal," ujarnya.
dan Manager PLN cabang Ketapang, Wilfrid Siregar menegaskan Momentum tersebut adalah Hari Yang bersejarah bagi masyarakat Desa Lanjut Mekar Sari. Sebab, setelah 72 tahun listrik baru masuk ke desa tersebut. Dia menyampaikan, dalam pengelolaan listrik di Republik Indonesia merupakan tugas pemerintah. Ia mengungkapkan wilayah kalbar yang terlayani kelistrikan di Kalbar ini masih sekitar 77 persen. Karena itu, dalam waktu 2018-2019 diusahakan agar dapat terlayani diatas 80-90 persen.
Dalam mendukung kelancaran pelayanan kelistrikan, ia mohon dukungan masyarakat agar program menjadi sukses. Misalnya merelakan tanam tumbuh yang berada disekitar jaringan untuk ditebang agar aliran listrik aman.
Perlunya masyarakat mendukung program listrik masuk desa juga disampaikan Wakil Ketua DPRD Ketapang, Junaidi SP, M.Si. Ia mengatakan DPRD Ketapang mendukung sinergitas antara eksekutif dan legislatif untuk mewujudkan visi dan misi kepala daerah menjadikan masyarakat yang maju dan sejahtera. Karena dalam pembangunan infrastruktur, seperti jalan,listrik dan lain sebagainya masyarakat juga harus mendukung. Jangan sampai hanya gara-gara sebatang pohon kelapa, karet dan lainnya menghalangi pembangunan sehingga berdampak kepada yang lain. "Jadi kalau ada pohon yang menghalangi, tolonglah diikhlaskan untuk ditebang, sehingga kelancaran pembangunan bisa dirasakan bersama," ujar Junaidi, Wakil Ketua DPRD Ketapang.
Selanjutnya Bupati Ketapang Martin Rantan mendukung apa yang disampaikan manager cabang PLN Ketapang dan disampaikan Wakil Ketua DPRD Ketapang. Tujuan pembangunan adalah untuk masyarakat. Karena itu, dalam pembangunan jaringan listrik dan infrastruktur Bupati Ketapang menitipkan amanah kepada Kepala Desa Lanjut Mekar Sari untuk mengupayakan kelancarannya. Sekiranya nanti sudah ada tali jaringan terpasang hendaknya masyarakat mengikhlaskan penebangan dan pemotongan pohon agar jaringan tidak mengalami gangguan. Sebab, kalau dahan kayu dibiarkan sampai terkena jaringan bisa menyebab konsleting dan padam yang dirasakan oleh masyarakat yang lain. Listrik sangat banyak manfaatnya, baik untuk pendidikan, rumah tangga, perekonomian dan lain-lain."Kalau sudah ada listrik, maka masyarakat bisa mengenal laptop, kulkas, bahkan teknologi informasi seperti istagram, twiter dan lain-lain, jadi pembangunan kelistrikan ini harus kita dukung," ucap Bupati Ketapang.
Panjang lebar Bupati Ketapang memaparkan tujuan kunjungan kerjanya di Sungai Laur dan Simpang Dua. Termasuk juga meninjau pembangunan infrastruktur sebagaimana visi dan misi Kepala Daerah dan Wakil Daerah mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera. Termasuk juga terbatasnya anggaran dalam membangun. Walaupun demikian pembangunan dilakukan secara skala prioritas. Karena itu, sinergitas antara antara eksekutife dan legislatif, dukungan masyarakat dan investasi sangat penting dalam kelancaran pembangunan di daerah ini..@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007