home news guestbook contact
Selasa, 16 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lantik PAW Kades Penyarang

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 31 July 2017, 1:32 pm


Ketapang, Bupati Martin Rantan SH mengambil janji jabatan Kepala desa Pengganti Antar Waktu Desa Penyarang Kecamatan Jelai Hulu Kabupaten Ketapang,bertempat diruang rapat Pendopo rumah dinas Bupati Ketapang. Senin (31/7).

Adapun pejabat kepala desa yang dilantik dari Pejabat lama Lasianus Kasimo kepada Pejabat baru Viktoria Dimun dengan masa jabatan selama satu tahun sejak dilantik pada 31 Juli 2017 akan berakhir pada 3 September 2018 yang akan datang.
Dalam pengarahannya kepada pejabat Kepala Desa Penyarang yang baru dilantik Bupati Martin Rantan SH mengatakan dalam program nawasia Presiden Jokowidodo, pembangunan dari pinggir atau berawal dari desa, danhal ini sesuai dengan misi keenam Bupati Ketapang yakni pemberdayaan masyarakat dan pemerintahan desa.
“ Menjadi kades bukanlah segala galanya, bukan menjadi kepala desa memutuskan persoalan sendiri tidak seorang kepala desa lallu menonjolkan diri sendiri “ kata Bupati Martin.
Namun Pemerintahan desa dtekankan Bupati akan lebih baik terutama dalam pemberdayan BPD secara berama sama menetapkan perdes, maupun membentuk BMU Desa dengan menjaga hubungan yang baik dengan Babinsa, babinkamtibmas,
Menurut Bupati hal itu dikarenakan pemerintahan tidak hanya membangun fisik, tetapi urusan keamanan merupakan hal yang tidak boleh terlepaskan dari pemerintahan desa
‘ Oleh sebab itu koordinasi dengan babinsa babinkamtibmas, terus dilaksanakan jika ada persolaan keamanan tidak hanya ditangani kepala desa itu sendiri, takut ada orang Isiss nanti sembunyi dipenyarang “ kata Bupati.
Kedepan tugas seorang kades yang cukup berat khusus desa penyarang yaitu mengembalikan wilayah tanah tanah masyarakat seperti ada kebun karet kebun durian tetapi dulunya sudah termasuk ke HGU perusahaan
“ Perusahaan diajak bicara supaya kebun masyarakat yang termasuk ke HGU minta mereka untuk melakukan revisi terhadap HGU tersebut “ saran Bupati.
Selain itu Bupati menekankan kepada para Kepala desa agar dalam pengelolaan DD maupun ADD secara baik dan benar sesuai petunjuk yang diberikan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Dinas pemeberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa
“ Jangan sampai di beberapa desa yang tidak bisa membuat SPJ dana Desa dan ADD, dan itu menyulitkan Pemkab dalam membuat laporan kuangan karena kita hasil pemeriksaan BPK sudah mendapat opini WTP dalam pengelolaan keuangan daerah “ jelas Bupati.
Untuk itu Bupati juga meminta kepada camat agar mendampingi para kepala desa dan aparatur desa dalam pengelolaan ADD dan DD karena diantara mereka ada yang sudah mengerti dan ada yang belum mengerti.
“ Pemerintahan desa lebih baik dan lebih maju kita benar benar mewujudkan program nawacita Presiden Jokowidodo dan program RPJMD yakni pemberdayaan masyarakat dan aparatur pemerintahan desa “ kata Bupati.
Bupati juga mengingatkan dengan masuknya investasi ke daerah tetapi tetap mempertahan lingkungan hidup, bukan saja lingkungan hidup seperti tanah air udara dansebagainya tetapi masyarakat sosial dan kearifan lokal adat istiadat yang tetap terjaga
“Jangan sampai ada investasi masuk lalu karakter anak bangsa ini berubah lalu anak anak keracunan lem, narkoba, jangan sampai mengukiti organisasi yang mengajarkan kebencian dengan orang lain saling bermusuhan agama satu dengan yang lain dan suku satu dengan yang lain “ pungkasnya

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007