home news guestbook contact
Selasa, 16 Juli 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Mahasiswa IKIP Pontianak Lakukan KKM PPL di Ketapang

Pengirim : andy candra
Tanggal : 24 July 2017, 7:30 pm


Sebanyak 144 mahasiswa Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak melakukan Kuliah Kerja Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (KKM PPL) terpadu tahun akademik 2017-2018 di Kabupaten Ketapang. Penyerahan mahasiwa KKM PPL dilakukan Wakil Rektor IKIP PGRI, Prof. Dr. Hamid Darmadi, M.Pd. Diterima Asisten III Setda ketapang, Drs. Heronimus Tanam, ME, Senin (24/7) di Ruang rapat Kantor Bupati Ketapang.

Sebelum dilakukan penyerahan, para mahasiswa IKIP Pontianak juga ikut apel senin dengan ASN Ketapang dan mendapat pengarahan langsung Bupati Ketapang, Martin Rantan SH.
Dalam arahannya, Bupati Ketapang menyampaikan kondisi umum Kabupaten Ketapang, serta memotivasi ASN dalam meningkatkan kinerja. Sementara kepada para mahasiswa IKIP Pontianak, Bupati Ketapang mengharapkan para mahasiswa yang melakukan KKM PPL membantu pemerintah dalam memberikan pencerahan untuk mengenal visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang. Dimana, satu persatu visi dan misi Bupati Ketapang disampaikan secara singkat Martin Rantan SH. "Saya harap dalam pelaksanaan KKM PPL hendaknya tidak hanya berupa kerja bhakti seperti membuat plang jalan, tetapi sangat efektif melakukan pertemuan dengan masyarakat memberikan pencerahan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang," kata Martin Rantan.
Usai apel, Bupati Ketapang sempat bersalam-salaman dan foto bersama dengan para dosen dan mahasiswa IKIP Pontianak. Karena harus melakukan pertemuan dengan DPRD Ketapang, selanjutnya penyerahan mahasiswa KKM PPL diwakilan kepada asisten III Setda Ketapang. Penyerahan dilakukan di ruang rapat utama Kantor Bupati Ketapang. Penyerahan dilakukan Prof. Hamid Darmadi kepada asisten III Setda Ketapang. Prof DR Hamid Darmadi menjelaskan, 144 mahasiswa peserta KKM-PPL merupakan putra-putri daerah Kabupaten Ketapang yang sedang menempuh pendidikan di IKIP Pontianak. Sesuai ketentuan, saat berada di semester VII para mahasiswa ini akan menjalani KKM-PPL dengan mengambil lokasi di daerah tempat asalnya. Para mahasiswa akan menjalani dua program, yakni KKM dan PPL. KKM merupakan program pelatihan mahasiswa untuk mampu bekerja sama dengan masyarakat secara luas. Sedangkan PPL bersifat lebih khusus, menyangkut program praktik mengajar dengan pendampingan guru pamong dan kepala sekolah. Mahasiswa ini menjalani program KKM-PPL selama enam bulan sejak Juli-Desember 2017.
Sementara itu, Asisten III Setda Ketapang menyambut baik dilakukan KKM PPL di Ketapang. Sesuai dengan harapan Bupati Ketapang diharapkan juga dalam pelaksanaan KKM PPL para mahasiswa dapat melakukan silaturahmi ke camat dimana lokasi KKM dilakukan. KKM PPL di Kabupaten Ketapang diharapkan terus ditingkatkan. Sesuai dengan harapan kepala daerah, diminta juga membantu menyampaikan dan melakukan pencerahan visi dan misi kepala daerah kepada masyarakat.
Asisten III Setda Ketapang juga memaparkan secara umim profil Kabupaten Ketapang yang terdirio dari 20 kecamatan. Luasnya wilayah Ketapang, memang saat ini masih banyak kekurangan guru, namun formasi dari pusat juga sangat terbatas. Sampai saat ini Kabupaten Ketapang memiliki pegawai lebih dari 6000 ASN. Lebih dari 3000 adalah tenaga guru. Luasnya wilayah, sampai saat ini Kabupaten Ketapang kekurangan sekutar 4000 guru. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengisi dengan tenaga kontrak, sehingga konsekwensinya dengan sangat terpaksa pembiayaan daerah puluhan miliar tersedot untuk biaya tenaga kontrak. Sementara disis lain, tidak sedikit guru yang pensiun. pemerintah pusat ada mengangkat guru garis depan dan lain sebagainya.
Panjang lebar ia memaparkan potensi, hambatan, peluang dan kendala dunia pendidikan. Karena itulah sesuai dengan harapan Bupati Ketapang. Asisten III Setda Ketapang menyambut positip hadirnya para mahasiswa IKIP Pontianak melakukan KKM PPL. Harapannya, keberadaan mahasiswa KKM PPL IKIP Pontianak ikut membantu menyampaikan visi dan misi kepala daerah. Begitu juga sempat disinggung bagaimana jika memungkinkan dosen pamong bisa koordinasikan dengan pihak WHW. Dimana, mungkin bisa membawa mahasiswa melihat industri terbesar di Kendawangan."Disini kita juga mengalami kendala terkait bahasa, kedepan persoalan menjembatani bahasa ini perlu kita atasi, saya berharap pihak perguruan tinggi juga bisa membantu mengatasi persoalan bahasa ini," ujar asisten III setda Ketapang panjang lebar.
Dalam petemuan yang dihadiri juga perwakilan Polres Ketapang tersebut ditampilkan tarian budaya. Selain itu sempat dilakukan penyerahan cenderamata dan foto bersama. (PK)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007