home news guestbook contact
Minggu, 15 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Distribusikan Jamkesmas Secara Marathon

Pengirim : aspul anwar
Tanggal : 10 August 2008, 4:47 pm


Dekatnya batas waktu penggunaan kartu Akeskin yang dialihkan menjadi kartu Jaminan Kesejahteraan Masyaraka (Jamkesmas) bagi masyarakat yang tidak mampu,

Pemerintah Kabupaten Ketapang melakukan pendistribusian kartu Jamkesmas secara marathon di tiga kecamatan, yaitu Benua Kayong, Matan Hilir Selatan, dan Kendawangan beberapa waktu lalu.Pada setiap penyerahan kartu Jamkesmas disetiap kecamatan yang dilakukan oleh Asisten II Bidang Pembangunan Drs. H. Sabran Amin yang mewakili Bupati Ketapang H. Morkes Effendi, S.Pd., M.H., dihadiri dan disaksikan oleh Kabag Sosial Setda Ketapang, Drs. H. Mat Noor Hamid, Subbag Media Massa dan Penyaringan Informasi Humas Setda Ketapang, Aspul Anwar, Camat, Kades, BPD, Tokoh Masyarakat, dan para pengguna kartu Jamkesmas tersebut.
Sabran Amin, dalam setiap kesempatan penyerahan kartu Jamkesmas mengungkapkan bahwa Kartu Jamkesmas merupakan kartu pengganti Akeskin merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kebutuhan dasar masyarakat di bidang kesehatan untuk mengurangi beban masyarakat yang belum beruntung secara ekonomi. Diingatkan oleh Sabran agar masyarakat dapat memanfaatkan sebaik-baik fasilitas yang telah diberikan oleh Pemerintah sesuai dengan prosedur yang berlaku. “Gunakan kartu ini sesuai dengan data yang tertera di kartu, dan disimpan sebaik mungkin untuk menghindari kerusakan, karena kartu ini berlaku untuk jangka waktu yang lama. Dan apabila hilang atau rusak maka proses penggantian memakan waktu yang lama pula,” ingatnya.
Dalam kesempatan ini pula dilakukan penyerahan secara simbolis kartu Jamkesmas kepada para pengguna kartu, pada penyerahan ini sekali lagi diingatkan oleh Sabran agar jangan sampai terjadi penyalahgunaan identitas pemilik kartu dengan membacakan identitas yang terdapat di kartu Jamkesmas tersebut.
Sementara Kabag Sosial Setda Kabupaten Ketapang Drs. H. Mat Noor Hamid menambahkan bahwa batas waktu penggunaan akeskin dan beralih ke kartu Jamkesmas yang ditentukan oleh Departemen Kesehatan yaitu awal September sejak September ini kartu Akeskin dan Surat Keterangan Tidak Mampu dinyatakan tidak berlaku. Adapun quota Jamkesmas dari Departemen Kesehatan untuk Kabupaten Ketapang menurut Mat Noor sebanyak 139.114 Jiwa dan yang telah diterbitkan kartu Jamkesmas sebanyak 76.532 Jiwa jadi masih kekurangan sebanyak 62.582 jiwa. “Untuk perkecamatan sementara untuk tiga kecamatan yaitu Benua Kayong dari Depkes qouta yang ada sebanyak 6.916 jiwa yang telah diterbitkan. Kecamatan Matan Hilir Selatan berdasarkan qouta sebanyak 8.677 Jiwa yang telah diterbitkan sebanyak 4.937 jiwa, dan kecamatan Kendawangan sebanyak 12.960 Jiwa dan telah diterbitkan sebanyak 4.707 Jiwa,”katanya.
Berdasarkan kekurangan qouta yang ada dan batas waktu yang telah ditentukan diminta oleh Mat Noor agar data-data penerima kartu Jamkesmas segera dimasukan untuk selanjutkan diterbitkan kartu jamkesmas. “Tentunya data tersebut harus akurat dan tepat sasaran,” selanya.
Untuk pendistribusian kartu pada kecamatan lain ditambahkan oleh Mat Noor dilakukans secara marathon dan diharapkan tuntas pada bulan agustus ini sambil menunggu data baru yang diusulkn oleh kecamatan. Agar penerima jamkesmas ini tepat sasaran dijelaskan oleh Mat Noor dilakukan secara berjenjang dari Kabupaten, kecamatan, desa, dusun, RT, begitu juga sebaliknya dalam sistem pendataan dimulai dari tingkat terbawah RT sampat pada tingkat Kabupaten. (asp)


 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007