home news guestbook contact
Minggu, 15 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Ajak Masyarakat Menabung

Pengirim : aspul anwar
Tanggal : 28 July 2008, 4:29 pm


Bupati Morkes Effendi mengajak masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hidup menabung. Hal tersebut disampaikan bupati ketika membuka Pasar Pesta Rakyat Simpedes di Taman Hiburan Rakyat Sepakat baru-baru ini.

“Dengan menabung secara tidak langsung kita ikut pula berpartisipasi dalam mengisi pembangunan di segala bidang,” ujar Morkes dalam sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Bachtiar.
Bupati tak menampik bagaimana kondisi yang terjadi saat ini, di mana terjadinya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tanpa dapat direm. Kenaikan harga yang lebih disebabkan karena kenaikan harga bahan bakar dunia. Akibatnya kemudian membawa dampak pada harga barang di pasaran. Dan yang tak terhindarkan, dikatakan bupati, kebutuhan hidup sehari-hari turut mengalami kenaikan. “Ini semua menjadi beban yang cukup berat bagi masyarakat yang kurang mampu,” tandasnya.
Dengan kondisi yang tidak menentu seperti saat ini, bupati mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya melakukan pembinaan terhadap masyarakat. Terutama dalam upaya membuka lapangan kerja baru dengan memberikan bantuan lunak melalui perbankan serta koperasi. Secara kuantitas, diungkapkan bupati, di Kabupaten Ketapang terdapat penambahan nasabah baru di berbagai perbankan. Berkaca dari kenyataan tersebut, bupati melihat telah muncul sebuah kecendrungan dari masyarakat akan kesadaran menabung. “Keinginan masyarakat untuk menabung sangat besar dan pemerintah daerah saat ini akan memberdayakan koperasi serta UKM (Usaha Kecil dan Menengah), maupun lembaga-lembaga lain yang berpihak terhadap usaha kecil dan menengah,” kata bupati.
Tak ditampik orang nomor satu di pemerintahan Kabupaten Ketapang tersebut, untuk perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah, sampai saat ini kian bertambah. Apalagi, ditegaskan bupati, keberpihakan pemerintah daerah terhadap usaha kecil dan menengah masih tetap komit. “Sektor ini terbukti ampuh menghadapi krisis moneter dan dapat menyerap tenaga kerja,” puji bupati.
Yang perlu diingat, menurut bupati, perkembangan usaha kecil dan menengah tentunya tidak akan terwujud ke arah yang lebih baik, apabila dalam kegiatannya tak memerhatikan efisiensi dan efektifitas, serta tidak terprogram dengan baik. “Langkah ke depan yang harus dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi dan penilaian sebagai bahan pembinaan di masa yang akan datang,” tuntasnya. (asp)



 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007