home news guestbook contact
Minggu, 15 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Lagi, Pemekaran Enam Desa Di Kabupaten Ketapang

Pengirim : Humas
Tanggal : 24 July 2008, 11:14 am


Sebanyak enam desa di dua Kecamatan positif dimekarkan, yaitu Desa Randau, Pendamar Indah, Merimbang Jaya, dan Alam Pakuan di Kecamatan Sandau, Desa Beginci Darat, Desa Lubuk Kakap Kecamatan Hulu Sungai.

Pemekaran enam desa ini berdasarkan hasil pandangan akhir paripurna DPRD Kabupaten Ketapang tentang Rancangan Peraturan Daerah Tentang Pembentukan Desa Randau, Pendamar Indah, Merimbang Jaya, dan Alam Pakuan Kecamatan Sandau, Desa Beginci Darat, Desa Lubuk Kakap Kecamatan Hulu Sungai.

Rapat Paripurna yang dihadiri oleh Bupati Ketapang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Drs. H. Bachtiar, Pengadilan Negeri Kabupaten Ketapang, Kejaksaan Negeri Ketapang, Unsur Muspida Ketapang, Kepala Dinas, Badan, dan Kantor di Lingkungkan Kabupaten Ketapang dipimpin oleh wakil ketua DPRD Kabupaten Ketapang Yohanes Suparjiman.

Sidang paripurna yang dijadwalkan pukul 09.00 dibuka oleh Yohanes Suparjiman pada pukul 09.45 ini terpaksa ditunda selama kurang lebih satu jam akibat anggota DPRD Kabupaten Ketapang yang tidak mencapai qourm 2/3 anggota, karena yang hadir hanya sekitar 24 orang. Setelah menunggu lebih kurang satu jam, akhirnya rapat paripurna tentang pandangan akhir dapat berjalan setelah beberapa anggota DPRD yang telah hadir di ruang sidang paripurna menghubungi rekan-rekan anggota DPRD lainnya.

Dalam pandangan akhir lima fraksi yang ada di DPRD Kbupaten Ketapang, mendukung adanya pemekeran Desa di dua Kecamatan tersebut. Hal ini salah satu upaya untuk meningkatkan pelayanan dan memperpendek rentang kendali pelayanan terhadap masyarakat, seperti yang disampaikan oleh Fraksi Reformasi.

Adanya pemekaran enam desa baru ini menambah jumlah desa yang ada di Kabupaten Ketapang sebelumnya berjumlah 216 Desa.

Terhadap pemekaran ini dalam pandangn akhir fraksi, ditegaskan bahwa adanya pemekeran ini maka Pemkab Ketapang harus segera menerbitkan batas-batas peraturan desa, seperti disampaikan oleh Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fraksi Reformasi.

Sementara itu Fraksi Partai Golongan Karya dalam pandangan akhir ini juga menyorot tentang Sekretaris Desa yang sampai saat ini masih banyak desa belum mempunyai Sekdes dan banyak sekdes yang belum diangkat menjadi Pegawai Negeri sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada. (dek)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007