home news guestbook contact
Minggu, 15 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pekan Gawai Adat Dayak Kab. Ketapang Ke VIII 2008 Di Desa Serengkah

Pengirim : Ibnu Humas
Tanggal : 6 July 2008, 8:30 pm


Pembukaan Pekan Gawai Adat Dayak Ketapang Ke VIII Di Desa Serengkah Kec. Tumbang Titi dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 5 s/d 6 Juli 2008 ini buka oleh Assiten I Setda Kabupaten Ketapang Drs. F. Sungkalang telah di resmikan kemaren tanggal 5/7/08

Pekan Gawai Adat Dayak Ketapang yang dihadiri oleh Assiten III Propinsi Kalbar Drs. Ignatius Lyong, Ketua Umum Dewan Adat Dayak Ketapang Martin Rantan, Ketua Pantitia Gawai Adat Dayak Ke VIII Darius Ivo Elmoswat berjalan aman dan sukses, GAD Ini yang sebelumnya dirangkai dengan kegiatan Ritual Menyandong Alm. Cendaga Mastain dan Ritual Pengembalian situs Keramat Tanah Menang Batu Berani, tentunya dalam hal ini memerlukan persiapan yang cukup baik materil dll, untuk itu Bupati Ketapang mengucapkan terima kasih kepada seluruh Panitia Gawai Adat Ketapang yang disampaikan langsung oleh Assisten III Drs. F. Sungkalang, “Gawai adat ini akan berjalan dengan sukses dan lancar apabila tuan rumah atau masyarakat Desa Serengkah ikut berpartisipasi sepenuhnya untuk menciptakan suasana yang aman tertib dan lancar selama kegiatan ini berlangsung” ujar sungkalang.
Dalam kesempatan itu pula Bupati Ketapang menyampaikan” Manfaat dan tujuan Pekan GAD ke VIII ini adalah untuk menanamkan rasa cinta dan ikut memiliki budaya Daerah khususnya pada Generasi Muda sebagai penerus cita2 luhur bangsa serta menciptakan peluang sebesar besarnya bagi para pelaku budaya untuk mengekspresikan karya seni budaya dalam mengsosialisasikan dan mempromosikan Adat Budaya Dayak Di Kab. Ketapang, kegiatan tersebut sesuai dengan tema yaitu melalui pekan Gawai Adat Dayak Kita gali sasana Budaya Dayak untuk terus di lestarikan dan dikembangkan sebagai Aset Seni Budaya Bangsa.
Pekan Gawai Adat Dayak Ke VIII ini juga diikuti perlombaan2 yang meliputi perlombaan Vokal Group Tingkat Anak2, Tingkat Dewasa, dengan melombakan lagu2 daerah Dayak selain itu ada pertandingan olah raga yang sifatnya Tradisional masyarakat dayak yaitu pangka gasing, lomba jalan tongkat, menyumpit dll. Acara ini diikuti oleh peserta antar kecamatan yang ada di Kab. Ketapang. Dan pemenang2 perlombaan maupun pertandingan ini rencananya akan diikut sertakan dalam Pekan Gawai Adat Dayak Tingkat Propinsi yang dilaksanakan setiap bulan Mei mendatang, demikian disampaikan Ketua Panitia PGAD Kab. Ketapang Darius Ivo Elmoswat disela sela kesibukannya kemaren.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007