home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

836 Petani terima SHM kebun sawit

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 6 May 2016, 7:56 pm


Bupati Ketapang Martin Rantan SH menyerahkan sedikitnya 836 persil Surat Hak Milik (SHM) kepada petani Pir-Trans Pt .Poliplant Sejahtera di 11 desa kecamatan Air Upas dan kecamatan Manis Mata.

Managemen chargill tropical palm poliplamt group Taupik Nasution mengucapkan terima kasih kepada Bupati Ketapang dan isntansi terkait yan telah mendukung proses integrasi managment di PT Poliplan yang telah take over kepada PT Chargill.

Kami menganut prinsif taat hukum, apa lagi yang menyangkut legalitas dan perizinan kata Dia.

Nasution menjelaskan bahwa ada sebanyak 3.873 kepala keluarga yang menjadi petani di perkebunan kelapa sawit PT Poliplan. dengan luasan 7.746 hektar, dan ebagian kebun sudah dikonversi kepada petani seluas 784 hektar, sedang tersisa 62 hektar masih dalam proses,

Sedangkan ada kebun plasma mandiri masyarakat sengkuang yang tidak mendapatkan alokasi pir tran sebelumnya sudah disetujui, ada juga sebanyak 72 kepala keluarga yang dialihkan pada pola kemitraan.

Progres managemen yang baru sejak januari 2013, tetapi tetap menjalankan komitmen lama kepada mitranya ungkap Nasution.

Sementara itu Camat Air Upas Drs Sugiarto menghimbau kepada management Poliplan agar dalam pengelolaan kebun yang bersentuhan langsung dengan masyarakat tetap memperhatikan karakteristik masyarakat yang ada.

Pihak managemen perkebunan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, apabila sentuhannya tidak mengena maka akan timbul masalah kata Sugiarto.

Penyerahan SHM kepada para petani pisr trans ini, menurut Camat Sugiarto, sudah lama ditunggu sejak tahun 1993, sehingga sekarang baru direalisasikan oleh pihak managemnet.

Kami harapkan CSR dari perkebunan dapat menyentuh hal yang prinsif juga masalah sosial ungkap Dia.

Sebelum melakukan penyerahan secara simbolis yang diterima oleh 6 orang petani,
Bupati Martin sempat mengecek kepemilikan petani yang menerima dengan meminta KTP petani untuk memastikan dengan nama SHM masih milik petani yang belum dijual belikan.

Sertifikat yang diserahkan ini jangan dijual belikan, karena kalau terjadi hal seperti itu kita akan menjadi penonton di negeri sendiri kata Bupati mengingatkan.

Karena tujuan investasi perkebunan masuk kesuatu daerah untuk mensejahterakan rakyat, dengan meningkatnya perekonomian masyarakat disekitar kebun Sertifikat kebun ini bisa Bapak ibu, diagunkan kepada bank untuk mendapatkan dana menyekolahkan anak dan pergunakan untuk hal yang bermanfaat ungkap Bupati.

Bupati meminta kepada pihak perkebunan, dalam melakukan usaha untuk mendapatkan keuntungan dengan tidak menghilangkan kearipan lokal serta peduli akan hal hal yang berkaitan dengan sosial kemasyarakatan, dalam membantu Pemerintah mensejahterakan rakyat.

Kita dukung perusahaan Chargill untuk membangun wilayah selatan ini, denngan tidak berorientasi kepada keuntungan tetapi harus memperhatikan tanggungjawab sosial kepada masyarakat kata Bupati menegaskan.

Kepada para Camat dan kepala desa Bupati berharap selalu tanggap dan pro aktif terhadap permasalahan permasalahan yang ada dimasyarakatnya, sehingga hal hal kecil yang terjadi dapat ditanggulangi tidak menimbulkan permasalahan lebih besar.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007