home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pangdam dan Gubernur Tanam Perdana Cetak Sawah

Pengirim : Alwiadi
Tanggal : 5 May 2016, 1:06 pm


Penanaman perdana padi dilahan cetak sawah sinergis TNI-AD dan pemkab Ketapang dilakukan oleh Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH bersama Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjend TNI Agung Risdhianto,M,D,A Bupati Ketapang Martin Rantan SH, Senin (2/5)

Cetak sawah yang dilakukan TNI AD dan Pemkab Ketapang desa Tajok Kayong Kecamatan Nanga Tayap kabupaten Ketapang dilakukan usai upacara TMMD ke 96 di lapangan Sepak Bola Nanga Tayap, dalam upaya Pemerintah mendukung swasembada pangan khusunya padi.
Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjend TNI Agung Risdhianto,M,D,A mengatakan kehadiran para prajurit TNI ditengah masyarakat dalam membantu cetak sawah dalam ranka melaksanakan perintah dari Presiden RI Joko Widodo melalui Mabes TNI AD secara berjenjang sampai kepada prajurit.
Sawah ini tetap milik masyrakat, prajurit yang hadir disini melaksanakan perintah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dengan membuka lahan sawah kata Pangdam.
Dengan membuka lahan baru untuk cetak sawah pangdam berharap kedepan akan mengembalikan status negara yang bersuamsembada pangan khusunya beras.
Dengan cetak sawah baru masyarakat yang melakukan penggarapan dengan bantuan bibit serta pupuk dari Pemerintah sampai menghasilkan panen
Masyarakat yang mengelola lahan yang telah dipersiapkan TNI bersama pemerintah hingga sampai panen dalam mewujudkan swasembada pangan ucap Pangdam
Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH mengatakan keterlibatan TNI dalam membantu masyarakat untuk mencetak sawah merupakan percepatan supaya berdaulatan dibidang pangan khusunya beras.
Selama ini kita beli beras diluar negeri sementara lahan kita luas kata Gubernur.
Untuk itulah cetak sawah dilakukan dengan bekerjasama pemerintah daerah dan TNI AD, dalam upaya memberikan motivasi dan dorongan kepada masyarakat agar menanam padi minimal petani dapat mencukupi kebutuhan sendiri.
Kalau sawah sudah ada masyarakat menanami padi, minmal hasilnya untuk mencukupi kebutuhan sendiri, kalaulah lebih baru dijual ujar Gubenur Cornelis.
Untuk itu Gubernur meminta kepada masyarakat agar menjaga kelestarian hutan disekeliling sawah, dengan tidak melakukan pembakaran, atau menebang pohon pohon karena hutan sebagai penyimpan cadagan air untuk pengairan sawah.
Gubernur juga berharap kepada masyarakat selain menanam padi ketahanan pangan juga bisa dilakukan dengan menanam tanaman holtikultura, seperti ubi, ketela, jagung, dan lainnya seperti memelihara ternak sapi babi, kambing sebagai penyangga ketahanan pangan.
Penanaman perdana cetak sawah dilahan seluas 150 hektar dengan varitas impara menggunakan sistem tanam haston, yang ditargetkan bisa menghasilkan panen 6 sampai 9 ton perhektar.

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007