home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Pameran AITIS 2016, Berskala Internasional Bupati Minta Petugas Fasih Bahasa Inggris dan Mandarin

Pengirim : ANDY CANDRA
Tanggal : 28 April 2016, 6:45 pm


Mendorong investasi dan potensi bisnis di daerah kabupaten, Apkasi akan menggelar pameran Apkasi International Trade and Investment (AITIS) tahun 2016 di JIExpo Kemayoran Jakarta. Event tahunan yang akan diikuti 180-an peserta Apkasi dari seluruh Indonesia, serta perwakilan negara sahabat ini akan menjabarkan potensi dan keunggulan dalam meningkatankan nilai tambahan daerah.

Kabupaten Ketapang sebagai salah satu peserta Apkasi dipastikan akan ambil bagian, baik dalam pameran maupun mengikuti pengarahan dari Presiden RI. Termasuk mengikuti seminar yang berkaitan dengan upaya pengembangan potensi daerah. Keikutsertaan Kabupaten Ketapang mengikuti Apkasi International Trade and Investment (AITIS) tahun 2016 dimatangkan dalam rapat yang dipimpin lansung Bupati Ketapang, Martin Rantan SH didampingi Sekda Ketapang Drs HM Mansyur M.Si dan Asisten I Setda Ketapang, Donatus Franseda AP MM di pendopo Bupati Ketapang, Kamis (28 April 2016). “Keikutsertaan Pemkab Ketapang dalam Apkasi di Jakarta ini merupakan kesempatan terbaik dalam upaya promosi daerah,” kata Martin Rantan SH, Bupati Ketapang.
Karena itu, Pemkab Ketapang memastikan untuk ikut dalam seluruh rangkaian kegiatan. Ia juga menilai, tema dalam kegiatan yang mengedepankan perdagangan dan investasi sangat sesuai dengan kondisi di Kabupaten Ketapang. Salah satunya, keberadaan PT WHW, karena itu dipandang perlu untuk mempromosikan industri hilir agar banyak menyerap tenaga kerja. Selain itu, dengan promosi di event bergengsi ini, diharapkan dapat menarik investasi masuk ke Kabupaten Ketapang.
“Artinya bukan hanya ikut pameran saja, tapi melalui kegiatan ini ada input bagi pembangunan di daerah,” ujarnya.
Bupati menekankan pentingnya upaya menarik investasi dan pembangunan kemasyarakatan. Karena itu, perkembangan sektor investasi di Kabupaten Ketapang mesti dipromosikan dengan baik. Tentu saja itu, peserta dari Kabupaten Ketapang yang menikuti diharapkan yang berkompeten dan memahami bidangnya. SKPD terkait dan pihak swasta yang ambil bagian diminta mempersiapkan dengan sebaik mungkin.”SKPD dan para pengusaha yang ikut mutlak diperlukan, bagi yang jaga pameran diharapkan mampu menjelaskan dengan baik, diharapkan bisa berbahasa Inggris dan Mandarin,” kata Martin Rantan dalam rapat yang dihadiri pengusaha perkebunan dan pertambangan.
Dalam tampilan stand, Bupati Ketapang mengharapkan dapat mengkombinasikan potensi komoditi unggulan daerah. Dijelaskan Kasubbag Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah Bagian Tata Pemerintahan Setda Ketapang, Doni Andriawan S.STP bahwa tata ruang stand akan ditampilkan ornamen dan interior berbasis kearifan lokal seperti budaya Melayu dan Dayak. Sedangkan materi diantaranya dapat dikemas materi pertanian, dengan teknologi modern. Demikian juga dengan menampilkan bidang pertambangan dan perkebunan .
Begitu juga dengan materi seperti produk unggulan daerah dibidang kerajinan rotan, bambu, makanan khas daerah dan lain-lain. Pameran yang diikuti seluruh anggota Apkasi merupakan peluang investasi bagi daerah sehingga dapat mengundang investor domestik maupun luar negeri. “Kita akan berusaha sebaik mungkin mempromosikan potensi daerah,” ujar Doni Andriawan, Kasubag Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah Bagian Tapem Setda Ketapang.
Secara terpisah pejabat kehumasan Pemkab Ketapang, A.Rahman A.Md yang mengikuti rapat Apkasi menjelaskan kegiatan AITIS 2016 inti dari rapat merupakan kesiapan keikutsertaan Pemkab Ketapang. Dimana peserta pameran (eksebitor), khususnya dari pemerintah kabupaten, memanfaatkan potensi ini untuk investasi, bukan lagi sekedar pameran potensi industri kreatif. Pameran ini bertaraf internasional yang khusus untuk menciptakan peluang investasi skala besar. Karena itu, pameran ini tidak diharapkan sekedar pameran rutinitas. “Bupati bersama Sekda Ketapang dalam rapat mengarahkan kekiutsertaan Ketapang sudah harus mengarah pada menawarkan potensi-potensi besar dan strategis di daerah,” tegas A.Rahman, Kasubbag Peliputan Dokumentasi dan Pelaporan Bagian Humas Setda Ketapang.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007