home news guestbook contact
Minggu, 15 Desember 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Senam Indonesia Sehat di Sandai Sukses

Pengirim : aspul anwar
Tanggal : 29 June 2008, 2:51 pm


Lebih dari seratus peserta yang terdiri dari berbagai organisasi kemasyarakatan, instansi pemerintah, organisasi profesi mengikuti acara Senam Indonesia Sehat.

Kegiatan yang dipusatkan di gedung Serbaguna Sandai ini merupakan sosialisasi Senam Indonesia Sehat yang sebelumnya beberapa waktu lalu dilaksanakan di Pondopo Bupati Ketapang. Kegiatan ini dihadiri oleh Camat Sandai, Pemuka Agama, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sandai, Pengurus Olahraga Kecamatan Sandai, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Drs. H. Bachtiar yang mewakili Bupati Ketapang, H. Morkes Effendi, S.Pd., M.H.
Ketua panitia sosialisasi Senam Indonesia Sehat, Drs. H. Mad Noor Hamid, dalam laporannya mengungkapkan bahwa diadakannya kegiatan Senam Indonesia Sehat yang dipusatkan di Kota Sandai ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan pendalaman tentang Senam Indonesia Sehat di masyarakat. Selain itu juga merupakan upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat untuk berperilaku sehat, dan sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dan tidak menular melalui promosi gaya hidup sehat, aktif, dan bugar.
Dijelaskan oleh Kabag Sosial Setda Kabupaten Ketapang ini bahwa terlaksananya kegiatan ini berdasarkan surat edaran departemen kesehatan RI yang berkerja sama dengan Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (FOMI) tentang sosialisasi Senam Indonesia Sehat, dan surat Tugas Bupati Ketapang tentang pelaksanaan kegiatan sosialisasi Senam Indonesia Sehat Tingkat Kabupaten Ketapang yang dipusatkan di Kecamatan Sandai. “Dan Peserta sosialisasi ini kurang lebih seratus orang yang berasal dari enam kecamatan yaitu Sandai, Simpang Hulu, Sungai Laur, Simpang Dua, Nanga Tayap, dan Hulu Sungai. Peserta ini terdiri dari para guru sekolah dari enam kecamatan tersebut juga instansi pemerintah dan swasta,” jelasnya.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Drs. H. Bachtiar yang mewakiili Bupati Ketapang, H. Morkes Effendi, S.Pd., M.H., dalam kesempatan ini mengungkapkan bahwa kegiatan sosialisasi Senam Indonesia Sehat yang dipusatkan di kecamatan Sandai merupakan program kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang dalam upaya memasyaraktkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat. “Kegiatan ini sebelumnya telah dilaksakan beberapa waktu lalu di Pondopo Bupati Ketapang, adanya sosialisasi ini juga berhubungan dengan upaya meningkatkan pola hidup sehat sebagai bagian kebutuhan hidup masyarakat yang memiliki korelasi terhadap peningkatakan kebugaran jasmani,” katanya.
Adanya kegiatan Senam Indonesia Sehat, lanjut Sekda sangat berguna dalam upaya pembinaan, meningkatkan kesehatan dan kebugaran, serta menanamkan nilai moral dan ahklak mulia, sportivitas, disiplin, dan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. “Untuk itulah marilah kita meningkatkan pembangunan di bidang olahraga sebagai salah satu upaya pembangunan kemasyarakatan, karena kegiatan olahraga merupakan salah satu kegiatan yang dapat diberdayakan dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa. Dalam olahraga pula terdapat nilai-nilai sportivitas, persahabatan, rasa saling menghormati. Hal ini merupakan kekayaan budaya bangsa Indonesia yang harus digali sebagai kekuatan ampuh untuk merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka NKRI,” paparnya.
Dalam kesempatan ini Sekda berharap agar para guru dan pengurus perkumpulan olahraga mampu mengangkat semangat dan nilai hakiki dari olahraga tak hanya ditingkat daerah tetapi juga tingkat nasional. Selain itu juga Sekda berharap agar olahraga jangan sekedar dijadikan rutinitas tahunan tanpa makna tetapi sebuah aktivitas yang dijadikan sebaga media pengkajian konprehensif pembinaan, pengembangan olahraga. “Untuk itu harus diaktulisasikan dalam kerangka peningkatan kesejahteraan masyarakat dan bangsa dalam menatap masa depan yang lebih baik, dan saya berharap agar agar para peserta sosialisasi Senam Indonesia Sehat ini dapat mempraktikannya di masyarakat terutama di tempat tugas masing-masing, dan pada Hari Olahraga Nasional 9 September mendatang agar diadakan senam massal untuk para pelajar dan masyarakat.”harapnya. (aspul)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007