home news guestbook contact
Kamis, 14 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Bupati Lepas Pawai Lampion Perayaan Cap Gomeh

Pengirim : ALWIADI.
Tanggal : 8 March 2015, 7:58 am


Bupati Ketapang Drs Henrikus M.Si didampingi Ny Riniwati Henrikus melepas Pawai Lampion, Arakan Naga dan Mobil hias dalam rangka perayaan Imlek 2566 dan Cap Go Meh disaksikan ribuan warga Ketapang.

Pawai lapion perayaan Imlek dan Cap Gomeh kali ini juga dimeriahkan dengan turut sertanya pagelaran seni budaya kuda lumping yang melakukan aktraksi pertunjukan kesenian khas dari Pulau Jawa tersebut.
" Perayaan Imlek dan Cap gomeh tahun ini cukup meriah yang juga melibatkan etnis lain semakin memperkaya kekayaan seni dan Budaya " kata Bupati Henrikus ketika memberikan sambutan dalam acara pelepasan pawai lampion ditaman Budaya Pendopo Bupati Ketapang. Jumat,(5/3).
Pawai Lampion dan arakan naga perayaan Cap Gomeh setiap tahun digelar merupakan wujud pelestarian seni dan budaya masyarakat," atraksi Naga dan Barongsai merupakan kekayaan seni dan budaya. Seni dan budaya merupakan sarana pemersatu dan kerukunan masyarakat Ketapang yang hidup beraneka raga budaya dan suku bangsan " katanya.
Untuk itu Bupati mengingatkan agar dalam melaksanakan pawai lampion dan atraksi naga untuk saling menghormati dan membaur dari beragam suku bangsa ini " Saya ingatkan dalam pelaksanaan pawai untuk tidak membakar mercon disembarang tempat, hingga dapat menimbulkan kebakaran atau hal lainnya juga menjaga ketertiban tegas Drs Henrikus M.Si.
Arakan pawai Lampion dan naga juga menampilkan replika kelenteng, dewi kwang im, dan berbagai multi etnis tersebut mendapat pengamanan dari aparat Kepolisian Ketapang ini, setelah dilepas Bupati melakukan star dari jalan MT Haryono, Merdeka Dr Sutomo, Urif Sumoharjo dan kembali ke Kelenteng Tua pekong yang diakhiri pembakarang replika naga di Payak Kumang Ketapang.
Setiap jalan yang dilewati pawai lampion tersebut ribuan warga menonton atraksi naga dan Barongsai memadati jalan jalan yang dilalui, perayaan Cap Go meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa, dari kegiatan ini merupakan pelestarian seni budaya diharapkan dapat mendorong sektor pariwisata di Kabupaten @

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007