home news guestbook contact
Rabu, 20 November 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Musrenbang, Sinergiskan Perencanaan Pembangunan

Pengirim : andy candra
Tanggal : 25 February 2015, 4:15 pm


Setiap proses penyusunan dokumen rencana pembangunan memerlukan koordinasi dan sinkronisasi antar instansi pemerintah dan partisipasi seluruh pelaku pembangunan. Karena itu, melalui Musrenbang (musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), berbagai aspirasi dari masyarakat disinergiskan dalam penyusunan perencanaan pembangunan. Hal ini sesuai dengan amanat UU nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencaaan Pembanunan Nasional , maupun PP nomor 8 Tahun 2008 dan Permendagri Nomor 54 Tahun 2010.

Koordinasi dan sinkronisasi proses penyusunan dokumen rencana pembangunan tersebut, maka Pemkab Ketapang belum lama ini melakukan Musrenbang ditingkat Kecamatan. Ada pun Musrenbang yang dilakukan sejak 9-18 Februari tersebut terbagi dalam beberapa kelompok. Diantaranya, Kecamatan Muara Pawan, Delta Pawan dan MHU dilaksanakan dari sejak tanggal 11-16 Februari 2015 dengan koordinator adalah Kepala Bappeda Ketapang. Sedangkan Kecamatan Kendawangan, MHS, dan Benua Kayong dilakukan sejak tanggal 16 Februari 2015 dengan koordinator, Kabid Dallitbangsta Bappeda. Musrenbang Kecamatan Simpang Hulu, Simpang Dua, dan Sungai Laur dilakukan pada 16-18 Februari 2015 dengan koordinator Kabid Ekonomi Bappeda Ketapang.
Musrebang Kecamatan Hulu Sungai, Sandai, dan Nanga Tayap dilakukan pada 16-18 Februari dengan koordinator Sekretaris Bappeda Ketapang. Selain itu dilakukan juga Musrenbang tingkat Kecamatan Jelai Hulu, Tumbang Titi, Pemahan, dan Sungai Melayu Rayak dari 9-12 Februari 2015 dengan Koordinator Kabid Fispra Bappeda Ketapang. Kegiatan yang sama juga dilakukan untuk tingkat Kecamatan Marau, Singkup, Air Upas, dan Manismata pada tanggal 9-12 Februari 2015 dengan koordinator Kabid Pem dan Sosbud Bappeda Ketapang.
Dalam Musrenbang yang dilakukan, sejumlah program dan kegiatan diusulkan masyarakat. Hal ini terlihat dalam Musrenbang yang dilakukan di Kecamatan Simpang Hulu, Simpang Dua, dan Sungai Laur. Dalam Musrenbang yang dihadiri juga oleh Kepala Dinas PU Ketapang, Heronimus Tanam tersebut masyarakat umumnya mengusulkan pentingnya pembangunan infrastruktur, khususnya jalan antar desa, dan lain sebagainya.
Harapan masyarakat yang disampaikan melalui kepala desa terhadap pembanugunan infrastruktur juga terlihat dalam Musrenbang di Kecamatan Hulu Sungai, Sandai, dan Nanga Tayap. Apalagi dalam Musrebang tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Perkebunan Ketapang, Ir.L.Sikat Gudag serta anggota DPRD Ketapang, Maria Magdalena Lili. Harapan masyarakat tersebut juga tergambarkan dalam Musrenbang di kecamatan lainnya.
Menurut, Sekretaris Bappeda Ketapang, Drs M.Israk, M.Si bahwa musrenbang Kecamatan merupakan forum musyawarah antar para pemangku kepentingan untuk membahas dan menyepakati langkah-langkah penanganan program kegiatan prioritas yang dibutuhkan Kecamatan sesuai dengan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Ketapang. Diterangkannya, Bapedda Ketapang telah merancang program pembangunan di Kabupaten Ketapang yang terintegrasikan bersumber dari pembiayaan Kecamatan (ADD) APBD Provinsi, APBD Kabupaten, CSR Perusahaan swasta dan BUMN.
Dalam Musrenbang Tahun 2015 kali ini Bappeda telah menyusun program peningkatan pembangunan Kecamatan berbasis wilayah dengan sasaran yang ingin dicapai, sesuai dengan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang."Seperti perubahan paradigma dari pembangunan sektor ke pembangunan berbasis wilayah," kata Sekretaris Bapedda Ketapang Drs M Israk.
Program pembangunan sesuai dengan karateristik wilayah ini agar pembiayaan lebih fokus dan terarah ke wilayah kecamatan kelurahan dan desa. Selain itu meningkatnya peran camat dalam pembangunan di Kecamatan dan meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan," terangnya.
Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian dan Statistik (Dallitbangsta) Bapedda Ketapang Drs Maryadi Asmu 'ie dalam Musrenbang di Kecamatan Kendawangan, MHS dan Benua Kayong menerangkan saat ini pemerintah pusat sudah meluncurkan e-Musrenbang. Program ini adalah aplikasi untuk mendukung terwujudnya data base program dan kegiatan prioritas daerah sebagai bahan penyusunan perencanaan pembangunan daerah untuk mencapai visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang. Melalui e-Musrenbang dapat dicegah peluang masuknya program dan kegiatan setelah batas waktu yang ditetapkan.
Selain itu, melalui e-Musrenbang diharapkan juga terwujudnya database program dan kegiatan yang akurat sesuai dengan proritas daerah untuk mewujudkan visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, tepat waktu sesuai tahapan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan. Dengan demikian perencanaan pembangunan dilakukan secara transparan.@

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007