home news guestbook contact
Rabu, 14 November 2018 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

Kunker Komisi B DPRD Prov Kalbar Melihat Langsung Dem Area

Pengirim : ALWIADI.
Tanggal : 15 May 2014, 3:32 pm


Ketapang, Uji coba program budaya padi dilahan pasang surut seluas 114 hektar, dilokasi food estate desa Sukamaju Kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang mendapat perhatian dan kunjungan langsung dari Komisi B DPRD Provinsi Kalimantan Barat untuk melihat langsung program Dem Area dan Kendala yang dihadapi. Rabu, (14/5)

Kunker Komisi B yang membidangi perekonomian dan pembangunan DPRD Provinsi Kalimantan Barat di pimpin sekretaris Komisi Ir. Ikhwani A Rahman, dan 8 orang anggota M. Kebing L. Nunuk Priyanti, Adrianus Senen, H.Herman Fauzi, Setyo Gunawan, Suhardi,H.Sumitro, Suprianto. mereka datang untuk melihat langsung kendala-kendala yang dihadapi program Dem Area di Kabupaten Ketapang.
Bupati Ketapang melalui Plt Sekda Drs. Mahyudin mengungkapkan seiring dengan perkembangan lahan pertanian beralih fungsi menjadi perkebunan dan pemukiman penduduk Kabupaten dan belu tertariknya investor untuk berusaha dibidang pertanian dan upaya Pemerintah tentang diversipikasi pangan selain beras belum berhasil.
". Ketapang telah menargetkan lahan pertanian berkelanjutan 100.000 Ha.yang disinergiskan dengan BUMN TNI dan Polri ", katanya.
Diantaranya disebukan Mahyudin Dem Area yang disinergiskan dengan BUMN PT Pupuk Indonesia seluas 7000 hektar, Dem Are terpadu sinergis SKPD Ketapang dengan SKPD Pemerintah Ketapang 4 Hektar di desa Sukamaju, Dem Area terpadu TNI dan Pemkab Ketapang, di Laman Satong, Dem Area terpadu Lapas Ketapang dengan Pemkab Ketapang 0,8 hektar dan tersebar di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Ketapang.
Perwakilan PT. Pupuk Indnesia Asep mengatakan dalam perjalan Dem Area yang telah dilaksanakan Pemkab Ketapang, lahan di Kabupaten Ketapang yang digunakan adalah sawah tadah hujan mengalami beberapa kendala seperti irigasi, saluran air yang belum berfungsi , ganguan hama, dan tenaga kerja.
" Untuk Kabupaten Ketapang kendala-kendala alam dan gaguang hama memperngaruhi hasil panen yang ditargetkan 3,4 ton perhektar menjadi 1, 4 ton perhektar ", katanya.
Selesai menerima penjelasan Rombongan anggota DPRD Provinsi Kalbar dan rombongan didampingi Plt Sekda Mahyudin, Kadis Pertanian dan Peternakan Ir Syamsu Ahyar melihat langsung lokasi Dem Area dan foot estate di Desa Sukamaju kecamatan Muara Pawan Kabupaten Ketapang, dan dilanjutkan melihat Dem Area terpadu pemkab Ketapang dengan lapas di dalong Kelurahan sukaharja.
Sekretaris Komis B. DPRD Provinsi Kalbar Ikhwani A Rahman memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap program Dem Area Kabupaten Ketapang, dalam perjalanan terdapat kendala kendala sehingga mengganggu hasil panen, harus dicarikan solusi dari Pemkab Ketapang.
". Saya yakin kalau dem area yang sudah berjalan terus dibina dan dicarikan solusi atas permasalahan yang ada sehingga program Dem Area diharapkan sesuai target saya yakin Kabupaten Ketapang akan menjadi lumbung padi bagi provinsi Kalbar ", katanya

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007