home news guestbook contact
Kamis, 19 September 2019 
::HUMAS Pemkab Ketapang

Martin Rantan, SH
Bupati Ketapang
 
 HUMAS PEMKAB
MENU
    Profil
    Struktur
    Tupoksi
    Program Kerja
 
 PEMKAB KETAPANG
MENU
    Visi & Misi
    Lambang & Arti
    Struktur
    DPRD
    Dinas & Kantor
    Kecamatan
    PERDA
 
 LINK SITUS
MENU
   Pemprov Kalbar
   Pemkab Ketapang
   L P S E
   DPU Ketapang
   Visit Ketapang
   Kantor Lingkungan Hidup
 

KIRIM BERITA
 
 
 
 
 
  BERITA

KPU Segera Bentuk KPPS

Pengirim : andy candra
Tanggal : 13 August 2012, 2:45 pm


KETAPANG – Komisi Pemilihan Umum Ketapang segera membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Kasubbag Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat Sekretariat KPU Ketapang Jabidi Erwan mengatakan pembentukan KPPS ini sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS).


“KPPS yang akan dibentuk ini akan sama jumlahnya dengan TPS. Jumlahnya pada Pemilu Gubernur Kalimantan Barat sebanyak 1.066,” katanya.

Ia menyebutkan untuk Kabupaten Ketapang maka masyarakat yang terlibat untuk menyukseskan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur sebanyak 7.462 petugas. Sebut dia, karena satu TPS beranggotakan tujuh orang anggota KPPS.

“Sesuai dengan Undang-undang No. 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu,  anggota KPPS ini sebanyak tujuh orang terdiri dari satu orang ketua merangkap anggota dan enam orang lainnya merupakan anggota. Anggota KPPS diangkat dan diberhentikan oleh PPS atas nama Ketua KPU Kabupaten/Kota,” papar Jabidi.

Menurutnya,  PPS diberi kewenangan mengangkat KPPS namun mesti dilaporkan kepada KPU Kabupaten/Kota. Jabidi menjelaskan syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota KPPS yakni berwarga negara WNI, berusia paling rendah 25 tahun, setia kepada Pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945 dan cita-cita Proklamasi 17 Agustus 1945.

“Syarat lain yaitu mempunyai integritas, pribadi yang kuat,  jujur dan adil, tidak menjadi anggota partai politik yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah atau sekurang-kurangnya dalam jangka waktu lima tahun. Selain itu, tidak lagi menjadi anggota partai politik yang dibuktikan dengan surat keterangan dari pengurus partai politik bersangkutan, berdomisili dalam wilayah kerja KPPS, mampu secara jasmani dan rohani dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih,” papar pria yang pernah bertugas di Kelurahan Sampit ini.

Jabidi mengatakan dalam hal pembentukan KPPS, KPU Ketapang telah  mengirimkan radiogram kepada PPS melalui PPK untuk  segera menjaring petugas yang memenuhi syarat dan agar berkoordinasi dengan Kades/Lurah setempat. Diharapkan, kata dia, utamakan untuk diangkat menjadi anggota KPPS adalah pengurus RT/RW atau mantan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang kemarin telah selesai melakukan pemutakhiran data Pemilih Pemilu Gubernur.  “Tenggang waktu pembentukan KPPS ini cukup singkat selama 14 hari mulai 30 Agustus sesuai  tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan. Aturan mengenai pembentukannya akan kami sampaikan sesegera mungkin mengingat daerah yang jauh dan kesulitan akses komunikasi,” pungkas Jabidi.  @@riq (kpu ktp)

 
     
  Copyright © HUMAS Pemkab Ketapang - 2007